Tiga sekolah di Kabupaten Ciamis meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Sebanyak tiga sekolah di Kabupaten Ciamis Jawa Barat berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri tahun 2024.

Penghargaan ini diberikan Kementerian LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan) Republik Indonesi kepada sekolah atas perhatiannya terhadap lingkungan.

Hal itu diungkapkan Kepala DPRKPLH (Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup) Kabupaten Ciamis, Okta Jabal Nugraha kepada PasundanNews.com, pada Rabu (2/10/2024).

Adapun tiga sekolah yang mendapat penghargaan Adiwiyata Mandiri tersebut yaitu, MTSN 13 Ciamis, MTSN 5 Ciamis dan SMPN 1 Ciamis.

“Alhamdulillah, untuk ke sekian kalinya Ciamis mendapat penghargaan kembali dari KLHK RI, kali ini melalui sekolah Adiwiyata Mandiri,” ujarnya.

Ia menyebutkan prestasi Adiwiyata ini sebagai bukti nyata bahwa sekolah di Ciamis telah on the track dalam melaksanakan budaya peduli terhadap lingkungan.

“Sekolah Adiwiyata ini terus dioptimalkan, mengubah mindset anak didik agar mampu membentuk karakternya sejak dini agar lebih peduli lingkungan dan kebersihan,” katanya.

Baca Juga : Word Cleanup Day, DPRKPLH Ciamis Komitmen Jaga Lingkungan Tetap Asri dan Nyaman

DPRKPLH Dorong Sekolah Lakukan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup

Lebih lanjut Okta mengungkapkan bahwa untuk meraih penghargaan tersebut tidaklah mudah.

Menurutnya ada beberapa proses penilaian yang harus dilalui sekolah untuk mencapai prestasi tersebut.

“Berbagai proses penilaian telah dilalui dan bukan menjadi hal yang mudah. Mulai dari perencanaan, kemudian adanya analisis lingkungan hingga verifikasi lapangan,” ungkapnya.

Okta menegaskan, penghargaan yang diraih ini berkat keterlibatan semua pihak dalam melaksanakan program Adiwiyata di Ciamis.

Ia juga menekankan bahwa penghargaan ini harus menjadi pemantik dan motivasi bagi sekolah lain dalam melakukan gerakan peduli lingkungan.

“Semoga bisa memantik sekolah lain untuk ikut berpartisipasi dalam gerakan peduli lingkungan. Menerapkan budaya lingkungan hidup di sekolah agar tetap bersih dan sehat,” jelasnya.

Diketahui, acara penghargaan Adiwiyata tahun ini mengusung tema ‘Peduli Lingkungan, Berbudaya Hijau’, yang berlangsung di Jakarta pada Rabu (2/10/2024).

Sebanyak 720 sekolah se Indonesia menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri-Nasional dari KLHK Republik Indonesia.

Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang berhasil melaksanakan GPBLHS atau Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah.

Penghargaan Adiwiyata diberikan pemerintah untuk mengakui dan mengapresiasi sekolah yang berprestasi melaksanakan GPBLHS tersebut.

(Hendri/PasundanNews.com)