Survei LS Vinus, Pasangan Sudarsono-Supriana Ungguli Elektabilitas Pilkada Kota Banjar 2024. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Lembaga Survei Visi Nusantara (Vinus) merilis hasil penelitian terbaru tentang elektabilitas calon Walikota dan Wakil Walikota Banjar.

Berdasarkan survei tersebut, pasangan H. Sudarsono dan H. Supriana menempati posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 30,00 persen.

Kemudian pada urutan kedua, pasangan H. Bambang Hidayah dan Dani Danial Mukhlis mengantongi 27,75 persen.

Selanjutnya pasangan H. Nana Suryana dan H. Mujamil berada pada posisi ketiga dengan perolehan 19,75 persen.

Sementara pasangan H. Akhmad Dimyati dan Alam berada di posisi terbawah dengan elektabilitas 3,25 persen.

Menurut Direktur Eksekutif Vinus, Yus Fitriadi, survei ini dilakukan dengan metode sampling acak kepada 400 responden menggunakan teori Slovin.

“Kami menggunakan margin of error sebesar 5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen,” jelas Yus dalam wawancara yang berlangsung di Sukarame Banjar, pada Minggu (22/9/2024).

Survei ini juga mencakup berbagai indikator dalam pemilihan pasangan calon, seperti popularitas yang mencapai 66,50 persen, program kerja sebesar 4,75 persen, kepribadian sebesar 4,50 persen, tokoh milenial sebesar 2,25 persen, dan partai sebesar 3,75 persen.

“Kota Banjar memiliki keunikan tersendiri dibanding kota kabupaten lain di Jawa Barat. Dengan hanya 4 kecamatan, Banjar memiliki 4 pasangan calon yang akan bersaing di Pilkada serentak 2024,” tuturnya.

Menariknya, meskipun elektabilitas pasangan calon telah terpetakan, survei Vinus juga mencatat bahwa sebanyak 86,50 persen masyarakat Kota Banjar belum mengetahui bahwa Pilkada akan diselenggarakan pada 27 November 2024 mendatang.

Namun, tingkat partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS diprediksi sangat tinggi, mencapai 99,50 persen.

“Walaupun banyak yang belum mengetahui jadwal Pilkada, antusiasme masyarakat untuk datang ke TPS sangat tinggi,” pungkasnya

(Hermanto/PasundanNews.com)