Forkopimcam Purwaharja Rehab Rumah Milik Warga Kurang Mampu di lingkungan Siluman Baru, RT 34/16, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Forkopimcam (Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan) Purwaharja Kota Banjar merehab rumah milik Abdul Yamin (48) dan Dede (35) di Kelurahan Purwaharja.

Rumah yang berlokasi di Lingkung Siluman RT 13/16 ini berhasil direhabilitasi dalam waktu tiga hari.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program rutilahu yang didanai oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dengan anggaran sebesar Rp 8 juta.

Rehabilitasi rumah dilakukan oleh petugas lintas sektor, baik dari pemerintah, Jabar Bergerak serta warga setempat. Proses pengerjaan dimulai pada Jumat dan selesai pada Minggu (9-11/8/2024).

Selama proses perbaikan, Abdul Yamin dan keluarganya diungsikan sementara ke rumah saudaranya yang tidak jauh dari lokasi rumah mereka.

Camat Purwaharja, Rina Purnama Sari menyatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap warganya yang kurang mampu.

“Kami sangat bersyukur rumah Pak Abdul Yamin kini sudah layak huni. Ini adalah hasil gotong-royong berbagai pihak yang peduli terhadap kesejahteraan masyarakat,” ujar Rina kepada pasundannews.com, Senin (12/8/2024).

Selain rehab rumah, kegiatan ini juga dipadukan dengan program ANTING BERLIAN (Atasi Stunting Berikan Kepedulian).

Lurah Purwaharja, Hendi Sumantri juga mengapresiasi partisipasi aktif masyarakat dalam proses rehabilitasi ini.

“Tanpa bantuan dan kerjasama dari warga, program ini tidak akan berjalan lancar. Ini menunjukkan semangat kebersamaan yang masih kuat di tengah-tengah kita,” katanya.

Selain perbaikan rumah, keluarga Abdul Yamin juga menerima bantuan berupa peralatan rumah tangga, seperti perlengkapan tidur, alat mandi, dan perabotan rumah tangga lainnya.

“Dengan selesainya rehabilitasi ini, keluarga Abdul Yamin kini bisa kembali tinggal di rumah mereka dengan kondisi yang lebih baik dan nyaman,” pungkasnya.

Turut hadir Kapolsek Purwaharja, Iptu Ahmad Iskandar, Danramil 1313 Banjar, Mayor Inf. Dedi Suhendi, Sekmat Purwaharja, Nur Rohman.

Kemudian, Kepala Puskesmas Purwaharja 1, Iin Solihin, Kepala Puskesmas Purwaharja 2, Enjang Suryana, petugas BPBD, UPTD KB, Bhabinkamtibmas, Aipda Dian Susanto dan Babinsa, Serma Takril.

(Hermanto/PasundanNews.com)