Wakil Ketua Badan Pengkajian MPR RI, Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc., Ip., M.Si. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Wakil Ketua Badan Pengkajian MPR RI, Agun Gunandjar Sudarsa menyebut bahwa urgensi ideologisasi menjadi kunci tumbuhkan spirit kebangsaan.

Selain itu, sekaligus juga merekonstruksi tata kelola kehidupan berbangsa dan bernegara yang sesuai dengan ideologi Pancasila.

Hal tersebut Agun sampaikan pada kegiatan sosialisasi 4 Pilar kebangsaan bersama para pemuda yang tergabung dalam Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Ciamis, Minggu (26/9/2021) di Aula Galuh Karya Rahayu Ciamis.

Menurut Agun, pandemi COVID-19 dan era digital serta kompetisi global menjadi tantangan berat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini.

Derasnya isu-isu global dan ideologi transnasional yang mengikuti arus digital dan fenomena pandemi berpotensi mereduksi dan mendegradasi ideologi bangsa.

“Selain itu juga berbagai isu SARA yang berkembang akhir-akhir ini, sedikit banyak telah mencederai suasana kebatinan kebangsaan antara kita,” kata Agun.

Lebih lanjut Agun menyebutkan, semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara harus direkonstruksi biak secara paradigma maupun tata kelola sesuai dengan kaidah pancasila.

“Baik itu aspek ekonomi, politik, sosial, budaya, sampai pada sistem pertahanan dan keamanan negara,” tuturnya.

Hal itu menjadi penting agar mampu menghadapi dan menyelesaikan berbagai problematika yang diakibatkan oleh ekses negatif pandemi dan hantaman kepentingan global.

“Maka langkah ideologisasi menjadi satu langkah penting dalam menjaga ketahanan nasional pada semua bidang kehidupan,” jelasnya.

Artikulli paraprakReview Kelebihan Xiaomi Mi 11 Lite dan Harganya
Artikulli tjetërOperasi Patuh Lodaya, Satlantas Polres Ciamis Edukasi Pengendara Patuhi Prokes