Ilustrasi : Pixabay/Wilhelm Eder

Pasundannews.com – Di dalam Islam. ada 10 nama dan tugas malaikat yang di ajarkan kepada umatnya. Selain beriman hanya kepada Allah. Islam juga menyuruh umatnya untuk beriman kepada Malaikat.

Oleh sebab itu, beriman kepada malaikat juga termasuk rukun iman kedua setelah beriman kepada Allah. Jumlah malaikat banyak sekali, Namun hanya 10 nama malaikat yang di ajarkan di dalam Islam.

Malaikat di ciptakan Allah dari Nur atau Cahaya. karena di ciptakan dari cahaya hanya manusia terpilihlah yang dapat melihatnya. Sedangkan manusia biasa tidak mampu melihat malaikat. Akan tetapi, dari keterbatasan manusia, masih saja Allah memberikan kesempurnaan kepada manusia untuk bisa melihat malaikat.

Seperti di lansir dari Nuonline. Berikut 10 nama dan tugas malaikat yang perlu di ketahui oleh umat Islam.

1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibrill di tugaskan oleh Allah SWT untuk menyampaikan wahyu kepada Nabi dan rasul. Selain bertugas menyampaikan wahyu, Malakat Jibril juga bertugas mengatur angin, memenuhi atau menahan hajat manusia, dan membawa rahmat bagi mereka yang menjaga kesucian saat sakaratul maut.

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail di tugaskna oleh Allah untuk mengatur pembagian rezeki kepada makhluk Allah, seperti mengirim hujan dan memberi kehidupan pada tumbuh-tumbuhan.

3. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil Allah tugaskan untuk meniup terompet sangkakala pada saat datangnya hari kiamat kelak.

4. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail Allah tugaskan untuk mencabut nyawa manusia apabila sudah di tetapkan ajalnya.

5. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar di tugaskan Allah untuk menanyakan manusia di alam barzah (alam kubur).

6. Malaikat Nakir

Malaikat Nakir mempunyai tugas yang sama tugas malaikat Munkar. Allah memberi tugas kepasa malaikat Nakir untuk menanyai manusia dalam alam barzah. Ketika di alam kubur mereka beruda akan bertanya perihal tuhan, agama, nabi, kitab suci, kiblat dalam ibadah, saudara, pedoman hidup, jalan hidup, dan perilaku sehari-hari dengan bahasa yang digunakan ahli kubur ketika hidup di dunia.

7. Malaikat Raqib

Malaikat Raqib di beri tugas oleh Allah untuk mencatat amal dan perbuatan baik manusia.

8. Malaikat Atid

Malaikat Atid di tugaskan oleh Allah mencatat setiap amal dan perbuatan buruk yang dilakukan manusia.

9. Malaikat Malik

Malaikat Malik di tugaskan oleh Allah untuk menjaga pintu neraka. Ia bersifat keras dan tidak mempunyai rasa belas kasihan kepada penghuni neraka.

10. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan di tugaskan oleh Allah untuk menjaga dan mengawasi pintu surga. Selain itu malaikat Ridwan juga di tugaskan menyambut semua hamba Allah yang akan masuk ke dalamnya. Malaikat Ridwan mempunyai sikapnya lemah lembut dan sangat ramah.

Demikian 10 nama Malaikat dan tugasnya menurut agama Islam. Semoga bermanfaat.

Artikulli paraprak10 Kutipan Kata-kata Cinta Penuh Makna
Artikulli tjetërTips Agar Baterai Ponsel Awet dan Tahan Lama