Ilustasi: Pixabay/StockSnap

Pasundannews.com – Batarai Handphone terkadang membuat penggunaanya kesal. Hal itu lantaran kapasitas baterai yang kecil. Tak hanya itu saja, ada penyebab yang bisa membuat baterai kamu cepat habis lantaran kebiasaan buruk yang terus di lakukan. Terus bagaimana tipsnya supaya baterai awet dan tahan lama.

Sebelum masuk ke tips membuat baterai ponsel awet dan berumur panjang. Perlu di ketahui bahwa perkembangan baterai yang sudah semakin maju sejalan dengan kemajuan teknologi. Dulu kita mengenal ponsel baterai yang bisa di lepas. Kini sudah banyak ponsel cerdas yang di jual dengan baterai tanam atau terpasang dalam bodi justru lebih di minati.

Tak hanya itu banyak kelebihan baterai tanam. Selain kapasitasnya yang lebih besar. Baterai tanam juga di lengkapi inovasi yang kekinian. Salah satunya teknologi fast charging atau pengisian daya cepat membuat penggunanya makin asik.

Namun jangan di sangka baterai ponsel yang kita pakai akan bertahan lama. Karena kapasitas baterai tentu akan menurun karena faktor pemakaian.

Ini dia tips agar baterai ponsel awet dan berumur panjang:

1. Jangan mengisi baterai di bawah 30%

Kebanyakan kita mengisi baterai ponsel saat sudah 5 persen lagi. Itu Salah satu yang menyebabkan baterai cepat rusak dan tidak tahan lama.

Di dalam baterai ada jenis lithium-ion. Jika mengisi baterai di atas sepertiga dari kapasitas memiliki manfaat positif yakni memperpanjang umur baterai.

2. Pengisian baterai saat tinggal 30% hingga 80%

Riset yang di lakukan Battery University. Pengisian daya baterai saat tinggal 30% hingga 80% membuat voltase lebih rendah dan memperpanjang masa pakai baterai. Dampaknya tentu akan membuat baterai ponsel awet dan berumur panjang. Hal itu karena pengisian baterai yang teratur.

3. Fitur Super Power Saving Mode

Pastikan handphone yang akan di beli memiliki fitur Super Power Saving Mode. Fitur ini di yakini bisa mengembalikan daya baterai yang tinggal 5%. Selain itu fitur ini ampu menahan baterai sampai melakukan chat selama 85 menit di WhatsApp. Tak hanya di kabarkan fitur ini bisa melakukan panggilan telepon hingga 91 menit.

4. Jangan lakukan penghisian baterai saat tidur

Sudah menjadi kebiasaan mengecas baterai saat tertidur. Hal itu sebenarnya dapat membuat baterai kamu cepat rusak. Alasan utamanya pertama, pengisian daya terus menerus dapat mengurangi stabilitas yang menyebabkan kerusakan sistem.

Kedua, saat terisi penuh 100 persen, baterai akan mengalami tegangan tinggi. Ketiga, terciptanya panas yang berlebihan dan akan membuang disipasi daya secara percuma.

Artikulli paraprak10 Nama dan Tugas Malaikat Menurut Islam
Artikulli tjetërTampilan Google Doodle Hari Ini Bermasker dan Jaga Jarak, Ingatkan Pencegahan Covid-19