Poto: juemi dari Pixabay

Pasundannews.com – Ketika berpuasa kita membutuhkan asupan makanan yang mengandung banyak vitamin. Salah satu makanan itu adalah berasal dari buah-buahan. Yang cocok menjadi menu buka puasa yang tidak boleh terlewatkan. Sudah menjadi tradisi setiap puasa selalu ada kurma. Namun ada juga berbagai buah lainnya yang sehat dan baik di konsumsi saat buka puasa, seperti buah naga.

Manfaat buah naga tidak hanya menyegarkan, tetapi juga bisa menghilangkan rasa haus setelah seharian berpuasa. Ada banyak manfaat buah naga lainnya untuk kesehatan, berikut 7 khasiat buah naga:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan yang terdapat di buah naga kaya akan vitamin C. Hal itu bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh saat puasa. Tak hanya itu, kandungan mineral dalam buah naga, seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan protein, serta serat, bisa membantu menjaga fungsi kekebalan tubuh. Inilah salah satu manfaat buah naga yang baik di konsumsi saat bulan puasa.

2. Membantu menahan rasa lapar

Manfaat lain buah naga adalah bisa mengontrol nafsu makan. Karena buah naga mengandung banyak serat yang baik untuk tubuh sehingga dapat mengontrol nafsu makan kita.

3. Menjaga kesehatan usus

Manfaat buah Buah naga bisa mendorong mikroorganisme baik dalam sistem pencernaan karena adanya kandungan probiotik. Inilah kandungan dari buah naga yang dapat membantu menjaga kesehatan usus selama bulan puasa.

4. Mencegah kolesterol

Tentu bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Mengkonsumsi buah naga juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Soalnya, kandungan serat dalam buah naga dapat membantu memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Meredakan nyeri

Kandungan yang terdapat di dalam buah naga memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk meningkatkan sirkulasi darah dan juga mengurangi rasa sakit atau bengkak pada persendian.

6. Membuat wajah awet muda

Tak hanya kandunga vitamin c, buah naga juga mengandung vitamin E dan antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat membuat wajah lebih awet muda. Cara memanfaatkan khasiat buah naga untuk kecantikan ini, Anda bisa mengonsumsinya langsung atau menjadikannya sebagai masker.

7. Menghidrasi kulit

Manfaat lain buah naga karena memiliki kadar air yang tinggi sampai dengan 90. Inilah yang membuat buah naga dapat menghidrasi kulit bila Anda rutin mengkonsumsinya.

Mulai sekarang pilih lah makanan yang sehat-sehat ya. Selain menyehatkan juga mengandung banyak manfaat. Apalagi di bulan puasa saat ini, pilihlah buah-buahan yang bisa membantu menghidrasi tubuh dan kulit. Anda bisa memilih buah naga sebagai salah satu menu buka puasa dan juga menu sahur.

(Nr)

Artikulli paraprakHUT LSM LGI Ke 6 Bertajuk Menyatu dengan Alam
Artikulli tjetërUji Coba Sekolah Tatap Muka di Ciamis Berlangsung Dua Pekan, Mulai 19 April 2021