Ilustrasi/Gambar oleh Michal Jarmoluk dari Pixabay

Pasundannews.com – Semua orang tentu ingin memiliki bentuk badan yang proporsional. Tentu ketika ingin memiliki badan yang bagus harus di sertai konsisten ketika menjalani program diet.

Umumnya, kebanyakan orang menginginkan berat badan bagus dengan cara diet dan olahraga. Sebenarnya diet yang sukses itu tidak bisa di ukur dari cepatnya berat badan turun. melainkan dengan cara menjaga berat badan tetap stabil.

Berikut kami rangkum beberapa tips agar diet dapat di katakan sukses. Tapi, Ada baiknya harus di sertai dengan mengkonsumsi makanan sehat dan rubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Tips Diet Sukses

Faktor utama yang harus anda lakukan adalah. Pertama, pengendalian nafsu makan. Kedua, penurunan berat badan secara bertahap. Ketiga, peningkatan metabolisme tubuh.

1. Jangan lewatkan sarapan

Sarapan bagi kebanyakan orang adalah kurang tepat. Namun perlu anda ketahui bahwa sarapan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya, Pertama, sarapan bisa mencukupi kebutuhan nutrisi dan energi tubuh. Kedua, sarapan bisa mengatur nafsu makan, Ketiga, Sarapan bisa mencegah Anda makan berlebihan.

Ketika Anda melewatkan sarapan, berarti anda telah mengurangi asupan nutrisi dan energi di pagi hari. Akibatnya tubuh anda kurang bertenaga untuk menjalani aktivitas.

Melewatkan sarapan akan membuat nafsu makan anda meningkat di siangf hari. Sehingga dorongan nafsu makan akan semakin tinggi dan berdampak pada  program diet anda.

2. Kurangi konsumsi karbohidrat

Saat anda sudah memulai program diet, sebaiknya kurangi makanan yang mengandung gula atau karbohidrat sederhana. contoh makanan yang mengandung karbohidrat seperti kue kering, roti, pasta, dan puding.

Solusinya ketika anda kurangi makanan di atas, anda dapat mengonsumsi makanan sumber karbohidrat kompleks yang kaya akan serat. Salah satunya  seperti kacang-kacangan, pisang, roti gandum, dan nasi merah.

3. Jauhi minuman beralkohol

Minuman beralkohol mengandung  kalori tinggi. Mengkonsumsi alkohol yang berlebihan dapat membuat berat badan anda bertambah.

Tak hanya minuman beralkohol. agar program diet anda sukses, hindari juga minuman manis tinggi kalori dan gula. Jika ingin diet anda sukses kurangi minum jus buah kemasan, minuman bersoda, dan sirup.

4. Jauhi makanan siap saji

Jika ingin diet anda sukses, mulai dari sekarang anda harus hindari makanan siap saji atau junk food. Makanan cepat saji mengandung kalori tinggi, kolesterol, dan garam, serta rendah nutrisi. Bahkan banyak yang mengkonsumsi makanan cepat saji sehingga bertambah berat badan atau obesitas.

Selain itu, makanan cepat saji juga berisiko terjadinya diabetes, penyakit jantung, dan kolesterol tinggi.

5. Olahraga secara rutin

Hal yang tepat ketika anda melakukan program diet dengan di barengi dengan olahraga. Ada banyak jenis olahraga yang bisa anda pilih. Selain menyehat tubuh, oleharaga juga bisa meningkatka metabolisme tubuh dan membakar banyak kalori. Adapun olahraga yang di anjur, seperti latihan angkat beban, joging, bersepeda, dan berenang.

Makanan Pendukung Diet Sukses

Ada banyak makanan pendukung program diet anda. Tentunya, pilihlah makanan yang banyak mengandung sumber protein. Seperti daging sapi tanpa lemak, daging ayam tanpa kulit, ikan, udang, dan telur.

Adapun makanan dengan sumber lemak baik. Anda bisa mengkonsumsi minyak zaitun, minyak kelapa, alpukat, keju, yoghurt, dan kacang.

Selain itu, di anjurkan mengkonsumsi sayuran saat anda memulai program diet. Di antaranya anda bisa mengkonsumsi, Sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, kale, Kembang kol, kubis, Wortel, Ubi, Kentang, Timun.

Artikulli paraprakGubernur Ridwan Kamil Bertemu Tokoh Lintas Agama
Artikulli tjetërPGPI Kabupaten Ciamis Gelar Rakor Tahun 2021 Bahas Program Kerja