Ilustrasi, (Poto: Fauzan My dari Pixabay)

Pasundannews.com – Bulan suci Ramadan di anjurkan memperbanyak amalan ibadah salah satunya membaca Al-quran, sehingga dapat menjadi momentum untuk mendapatkan berkah dan ampunan.

Adapun amalan yang banyak di kerjakan di bulan Ramadan adalah tadarus Al-quran. Pahala yang membaca Al-qur’an sesuai yang di sampaikan Rasulullah SAW, maka pahalanya akan berlipat ganda.

Selain itu, dalam sebuah hadis riwayat Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-quran maka baginya mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan tersebut dilipat-gandakan menjadi sepuluh kalinya.”

Di anjurkan juga membaca Al-quran sebanyak 100 ayat. Sebagaimana Sabda Rasulullah dalam hadis riwayat Ahmad mengatakan:

“Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam, di tuliskan baginya pahala sholat sepanjang malam.”

Selain itu, membaca Al-Qur’an sangat besar keutamaannya apalagi bila di kerjakan di bulan Ramadan yang merupakan bulan di turunkannya Al-quran.

Berikut keutamaan membaca Al-quran di bulan Ramadan di kutip dari Liputan6.com:

1. Pahala Berlipat

Bagi siapa yang membaca Al-Quran secara rutin ia akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Sesuai hadist dari Aisyah ra, Rasulullah SAW bersabda:

“Yang mahir membaca Al-quran bersama malaikat yang terhormat dan yang membaca Al-quran sedangkan ia terbata-bata serta mengalami kesulitan, maka baginya dua pahala.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain itu, Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut:

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Bukhari).
2. Obat Penyakit Hati dan Fisik

Selain memdapatkan pahala, membaca Al-quran juga bermanfaat sebagai obat bagi penyakit hati dan fisik. Cara yang sering di lakukan untuk mengobati diri dengan melakukan ruqyah.

Sebagaiman di jelaskan Allah SWT daalam firmannya:

“Dan Kami turunkan di dalam Alquran suatu yang menjadi obat (penyakit manusia) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS al-Israa’: 82)

Selain itu, Allah SWT berfirman;

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan (membaca) petunjuk Allah (Al-quran). Ingatlah, hanya dengan (membaca) petunjuk Allah (Al-quran), hati menjadi tenteram.”  (QS ar-Ra’du: 28)
3. Rumah Menjadi Bercahaya

Faedah membaca Al-quran di rumah, maka rumah tersebut lebih bercahaya. Tak hanya itu, rumah yang senantiasa di bacakan Al-quran akan terasa lebih tenang dan damai. Hal itu sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Perumpamaan rumah yang disebut nama Allah di dalamnya dan rumah yang tidak disebut nama Allah di dalamnya adalah seperti perumpaan orang yang hidup dan orang yang mati.”

Selain itu, Imam an Nawawi berkata bahwa “Dalam hadits ini terdapat anjuran untuk (banyak) berzikir kepada Allah SWT (termasuk membaca Al Quran dan zikir-zikir lainnya) di rumah dan hendaknya rumah jangan di kosongkan dari berzikir (kepada-Nya)”.

Bahkan dalam hadits lain riwayat at-Tirmidzi  yang berbunyi:

“Sesungguhnya setan tidak akan masuk ke rumah yang dibaca di dalamnya surat Al-Baqarah.”
4. Dilindungi Dari Godaan Setan

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam  (QS. Faathir: 6) yang berbunyi:

“Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu, maka jadikanlah ia musuh(mu), karena sesungguhnya setan-setan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala.”

Di jelaskan pula dalam sebuah hadis shahih, Rasulullah SAW bersabda:

“Janganlah kamu menjadikan rumahmu (seperti) kuburan (dengan tidak pernah mengerjakan sholat dan membaca Alquran di dalamnya). Sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibaca di dalamnya surat Al-Baqarah.”
5. Memberikan Syafaat di Akhirat Kelak

Bagi seorang muslim yang membaca Al-quran secara rutin dan mengamalkanya,  di datangkan kemuliaan baginya. Kemulian itu tidak hanya di dunia, bahkan di akhirat kelak, Al-Quran dapat menjadi syafaat atau penolong.

Seperti di jelaskan dalam sebuah hadis yang di riwayatkan Muslim yang berbunyi:

“Bacalah bait Alquran, karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya,” (HR. Muslim)

Hadust tersebut menjelaskan bahwa nantinya Al-quran akan datang dan bersaksi pada Allah SWT untuk umat manusia yang rajin membacanya. Atas kesaksian Al-quran tersebut akan membantu seseorang dengan di berikan kemuliaan kepadanya di akhirat kelak.

(Jo)

Artikulli paraprakWaspadai 5 Efek Kurang Tidur Bagi Tubuh
Artikulli tjetërKomunitas Tionghoa Peduli Bantu 100 Juta Untuk Korban Bencana NTT