poto: Bruno /Germany dari Pixabay

Pasundannews.com – Ketika Anda mempunyai perut buncit mungkin akan sangat mengganggu. Selain menyulitkan Anda dalam memilih pakaian. Perut buncit akan mengganggu rasa percaya diri Anda.

Di lansir dari Alodokter.com bahwa tubuh manusia terdapat dua jenis lemak, Pertama, lemak subkutan (berada di bawah kulit). Kedua, lemak viseral (dalam rongga perut). Lemak Viseral yang menumpuk sekitar rongga perut inilah yang menyebabkan perut  menjadibuncit.

Adanya penumpukan lemak viseral akan mengganggu kesehatan tubuh. Karena dapat membuat organ-organ di sekitar perut menjadi tertutup. Sehingga dapat mengakibatkan seseorang lebih berisiko terkena penyakit jantung, kanker, diabetes, Alzheimer, dan sindrom metabolik.

Berikut cara mengecilkan perut buncit:
1. Kurangi makanan yang mengandung lemak dan gula

Mengkonsumsi lemak jenuh dan gula yang berlebihan menjadi lemak perut.  Lemak jenuh terdapat di dalam daging sapi, mentega, dan produk susu. Cara mencegah terbentuknya timbunan lemak di perut. Caranya utamakan konsumsi lemak tak jenuh yang terdapat pada ikan dan kacangan-kacangan. Selain itu kurangi kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi kalori dapat membuat perut buncit.

2. Cukupi asupan serat

Cara mengecilkan perut buncit salah satu dengan mencukupi asupan serat. Hasil penelitian menunjukkan, serat dapat memperlambat penyerapan makanan. sehingga Anda dapat merasa kenyang lebih lama.

Penelitian lain bahkan mengungkapkan bahwa pola makan tinggi serat dan karbohidrat kompleks di sertai pembatasan asupan lemak efektif dalam membantu mengurangi berat badan. Untuk mendapatkan asupan serat yang cukup, Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan, flaxseed, alpukat, brokoli, ubi jalar, wortel, jambu, pir, dan apel.

3. Lakukan olahraga kardio

Cara lain selain mencukupi kebutuhan serat. Di sarankan untuk rutin melakukan olahraga kardio. Olahraga ini menjadi cara tepat mengecilkan perut buncit, karena dapat membantu membakar lemak di daerah perut. Lakukan selama 5 jam dalam seminggu. Padukan juga dengan jenis olahraga lain guna mempercepat pembakaran lemak perut.

4. Istirahat yang cukup

Berdasarkan penelitian, bahwa orang yang kurang tidur atau justru tidur terlalu lama, memiliki kecenderungan untuk mengalami peningkatan lemak dan berat badan. Di anjurkan mencukupi kebutuhan tidur selama 7 jam per hari dan usahakan untuk konsisten menjaga waktu tidur. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi penumpukan lemak di tubuh, terutama di daerah perut yang buncit.

5. Meredakan stres

Salah satu penyebab menumpuknya lemak pada perut karena stres. Ketika Anda mengalami stres, maka kelenjar adrenal akan melepaskan hormon stres (kortisol) secara berlebihan. Pelepasan hormon ini dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat tubuh menyimpan lemak di sekitar perut. Untuk meredakan stres, Anda di sarankan melakukan meditasi dan yoga secara rutin.

Namun, perlu di ingat, untuk mengecilkan perut yang buncit  cara yang paling efektif adalah dengan memperbaiki pola hidup. Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis. kontorl asupan makanan karbohidrat. hindari rokok serta minuman beralkohol.

Setelah memperbaiki pola hidup dan menerapkan hal-hal di atas bukan tidak mungkin Anda dapat mengecilkan perut buncit dalam waktu yang singkat.

(Os)

Artikulli paraprak11 Amalan Nambah Pahala di Bulan Ramadan
Artikulli tjetërJadwal Imsak Ramadan 1442 Hijriah Wilayah Bandung