Makanan Buat Bahagia
Ilustasi Makanan Buat Bahagia, (Poto: Alicja dari Pixabay)

Pasundannews.com – Puasa kalian akan semakin seru dengan menu buka puasa kolak pisang. Tentunya itu buat para penggemar berat kolak pisang. Na bagi yang mau membuat sendiri di rumah sebaiknya ketahui dulu jenis pisang apa yang cocok untuk kolak Anda.

Pada dasarnya tidak semua pisang memiliki tekstur lembek. Akan tetapi jangan pilih pisang dengan rasa yang sepat karena dapat menjadi kolak dengan rasa yang tidak lezat. Untuk itu penting mengetahui jenis pisang apa sebagai isian kolak Anda.

Berikut 4 jenis pisang yang cocok untuk isian kolak Anda di rumah.
1. Pisang tanduk

Pisang tanduk adalah salah satu kultivar pisang yang populer di Indonesia sebagai bahan dasar pisang goreng. Di kenal sebagai “pisang byar” di Kudus.

Pisang ini memiliki daging buah berwarna putih kekuningan, rasanya manis agak asam, dan lunak. Karena tekstrunya tidak mudah hancur, pisang ini sangat cocok untuk di jadikan isian kolak Anda di rumah.

2. Pisang kepok

Sama seperti pisang tanduk. Pisang kepok memiliki tekstur yang keras dan tidak mudah hancur. Namun bagian dalam pisang ini lembut. Sehingga ketika Anda merebus pisang ini pisang ini tidak mudah lembek dan tidak mudah hancur. Akan tetapi  pilihlah pisang kepok berwarna kuning ya. Karena warna putih cendrung kelat dan rasanya seperti buah salak mentah.

3. Pisang nangka

Sajian isi kolak salah satunya pisang nangka. Pisang satu ini memiliki aroma yang harum dan tajam layaknya aroma buah nangka. Pada dasarnya pisang ini bagusnya di olah, karena daging buahnya yang kenyal sehingga kurang enak apabila kamu makan secara langsung. Na kalau untuk isian kolak tentu sangat bagus. Selain itu pisang ini banyak di jadikan kripik.

4. Pisang raja

Pisang raja sangat populer di jadikan olahan manis. Karena daging buahnya manis dan cukup lembut dan tidak terlalu keras. Daging buahnya manis b isa juga langsung di makan, pisang raja juga memiliki aroma yang manis. Kebanyakan pisang ini di olah dengan cara di goreng. Namun untuk isian kolak pisang adalah cara terfavorit mengolah pisang raja ini.

Artikulli paraprakJabar Bangun Kerjasama dengan KPPU RI
Artikulli tjetër3 Alasan Dilarang Minum Kopi Saat Sahur