Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya. Foto/Ist

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Zakat ASN (Aparatur Sipil Negara) di Kabupaten Ciamis berpotensi besar bagi kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dalam acara pembinaan aparatur kecamatan dan desa se-Kecamatan Banjarsari dan Kecamatan Banjaranyar.

Herdiat menerangkan, potensi zakat, infak, shadaqah ASN jika dioptimalkan akan sangat membantu kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Ciamis.

“Dalam setiap rezeki atau harta yang kita dapatkan itu ada hak orang lain yang membutuhkan,” ujarnya dalam kegiatan yang bertempat di Gedung Dakwah Kecamatan Banjarsari, pada Senin (25/9/2023).

Ia pun menegaskan bahwa salah satu kewajiban seorang muslim adalah mengeluarkan zakat. Baik zakat mal maupun zakat profesi termasuk dengan para ASN.

Oleh karena itu, Herdiat dengan tegas mewajibkan seluruh ASN untuk mengeluarkan sebagian hartanya baik berupa zakat, infak maupun sodaqoh.

Lebih lanjut, Herdiat mengatakan bahwa jika semua masyarakat termasuk ASN menyalurkan zakat, infak maupun shadaqahnya akan memperoleh senilai dengan APBD pada setiap tahunnya.

“Jika dapat dikelola dengan baik tentu dari zakat ini akan membantu kesejahteraan masyarakat. Terlebih bagi mereka yang membutuhkan,” jelasnya.

Apalagi, tutur Herdiat, saat ini hampir di setiap Desa maupun Kecamatan sudah dibentuk UPZ. Sehingga memudahkan masyarakat untuk menyalurkan shadaqah maupun infaknya.

“UPZ saat ini sudah dibentuk hampir di seluruh desa. Maka jika ada yang belum, segera bentuk agar dapat membantu lagi masyarakat yang membutuhkan,” tambahnya.

Sementara itu, dari pihak Baznas Iip Taufiq El Haq mengatakan dengan adanya program-program unggulan Baznas Ciamis seperti Ciamis Peduli, Ciamis Sejahtera, Ciamis Cerdas, Ciamis Sehat dan Ciamis Agamis telah membantu mensejahterakan masyarakat, mengubah Mustahiq menjadi Muzakki.

“Terlebih dengan adanya Perbup, Zakat, Infak ASN yang tadinya 17 persen sekarang mencapai 38 persen dari jumlah ASN yang ada di Ciamis. Sesuai ketentuan agama, zakat infak ASN saat ini sudah tersebar hampir di seluruh desa,” tandas Iip. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakHari Agraria dan Tata Ruang Nasional, Ini Pesan Wabup Ciamis
Artikulli tjetërRelawan Mohamad Ijudin Kembali Gelar Bazar Sembako Murah di Saguling Ciamis