Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis, Deasy Ariyanto. Foto/Hendry.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dalam rangka mewujudkan pendidikan berkarakter gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup Pemkab Ciamis melakukan pembinaan ke sekolah.

Melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis, tahun 2024 melaksanakan pembinaan terhadap 15 Calon Sekolah Adiwiyata Kabupaten (CSAK).

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, DPRKPLH Ciamis, Deasy Ariyanto, Senin (22/4/2024).

Ariyanto menyebutkan, ke 15 sekolah yang menjadi CSAK tahun 2024 mulai dari jenjang TK/RA, SD, SLTP hingga SLTA.

“Kita sudah melakukan pembinaan terhadap sekolah yang bersangkutan mulai dari jenjang TK/RA sampai jenjang SLTA,” kata Ariyanto.

Adapun pembinaan tahap 1, kata Ariyanto, telah dilakukan sebelum lebaran atau pada bulan ramadhan lalu. “Saat ini, kita memasuki pembinaan tahap 2,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sebelum dilakukan penilaian oleh tim penilai kabupaten, pihaknya terlebih dahulu melaksanakan monitoring.

Sedangkan, mengenai penilaian sendiri terdiri dari 2 aspek, yakni aspek administrasi dan aspek lapangan.

Menurutnya, dari dua kriteria tersebut, sekolah yang bisa mendapat predikat Adiwiyata kabupaten harus mendapatkan nilai minimal 70.

“Terkait pengumuman sekolah yang mendapat predikat adiwiyata kabupaten, nanti akan dilaksanakan biasanya pas upacara hari jadi,” jelasnya.

Ariyanto menyebutkan, jumlah sekolah adiwiyata di Kabupaten Ciamis hingga saat ini sudah mencapai 155 sekolah.

Yaitu, terdiri dari adiwiyata kabupaten, Provinsi, Nasional dan adiwiyata mandiri.

“Kita konsen melaksanakan program adiwiyata ini, sesuai arahan Pak Bupati dan pak Kadis kaitan pembinaan karakter anak terhadap lingkungan dilakukan sejak dini,” pungkasnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprak4 Hari Hilang Terbawa Ombak, Wisatawan Asal Ciamis Ditemukan Tewas di Breakwater Susi Air Pangandaran 
Artikulli tjetërBPBD Ciamis Siaga Petugas, Upaya Antisipasi Kejadian Bencana