Masyarakat Kabupaten Ciamis melaksanakan kegiatan World Cleanup Day (WCD). Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – World Cleanup Day (WCD) merupakan operasi bersih-bersih di lingkungan secara serentak yang dilaksanakan di seluruh Dunia.

Dalam hal ini, Kabupaten Ciamis pun turut terlibat dalam melakukan gerakan tersebut.

Kepala Dinas PRKPLH Kabupaten Ciamis, Taufik Gumelar mengatakan, kegiatan World Cleanup Day di Kabupaten Ciamis itu dilaksanakan pada tanggal 10 sampai 25 September 2022.

“Sesuai arahan Bupati Ciamis, kami mengajak kepada seluruh OPD, Camat, Kepala Desa, semua pihak dan juga masyarakat agar bersama-sama ikut dalam kegiatan WCD tahun 2022,” katanya kepada media, Senin (19/9/2022).

Pada gerakan WCD Tahun 2022, Taufik juga mengajak masyarakat untuk memilah sampah dan menabung sampah ke Bank Sampah di wilayahnya masing-masing.

“Mari menjadi bagian dari 13 juta relawan untuk Indonesia bersih dan bebas sampah. Insya Alloh Ciamis bijak kelola sampah, Ciamis bersih, sehat dan bernilai,” ucapnya.

Taufik juga menjelaskan, untuk kegiatan World Cleanup Day (WCD) tahun 2022 di tingkat Kabupaten Ciamis ini nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 26 September 2022 di Situs Jambansari Ciamis.

“Hari ini juga sudah ada beberapa pihak dari mulai organisasi, sampai Dinas juga melaksanakan gerakan WCD di wilayah dan tempatnya masing-masing,” jelasnya.

Menurutnya, dalam peringatan WCD tahun 2022 ini juga, selain adanya aksi bersih-bersih dan pungut sampah.

Ada juga kegiatan pelatihan tata cara pembuatan Eco Enzyme kepada Ibu-ibu PKK dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) setiap Dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis.

“Iya hari ini ada pelatihan dari relawan WCD tentang pembuatan Eco Enzyme kepada Ibu-ibu PKK dan DWP di setiap Dinas, itu dilaksanakan secara serentak di setiap Dinas,” tuturnya.

Taufik mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat kab ciamis, yang telah melaksanakan gerakan World Cleanup Day di wilayahnya masing-masing.

“Semoga momentum ini dapat mengedukasi prilaku kurang baik menjadi lebih baik dalam memelihara kebersihan,” tandasnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakMenjelang Tahun 2024, DPD Demokrat Jabar Siap Rebut Kemenangan
Artikulli tjetërPandangan Umum Fraksi DPRD terhadap Raperda Perubahan APBD, Berikut Tanggapan Bupati Ciamis