Ilustrasi penipuan melalui pesan WhatsApp. Foto/Istimewa

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Penipuan dengan modus mengatasnamakan pejabat di Kota Banjar, Jawa Barat merajalela menjelang Lebaran.

Para penipu tak segan menggunakan nomor WhatsApp palsu dan mencatut nama serta foto pejabat untuk melakukan aksinya.

Aksi penipuan ini terungkap melalui nomor 085760190674 yang mengatasnamakan Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang Ramdhan Kalyubi.

“Hati-hati ada penipuan, mengatasnamakan Dadang Ramdan Kalyubi, memakai foto dan nomer WhatsApp 085760190674. Mohon diabaikan,” ujar Dadang Ramdhan Kalyubi kepada pasundannews.com, Jumat (22/3/2024).

Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan, Dinkes Kota Banjar, Rusyono, juga mengalami hal serupa dengan nomor 0857-6019-0674 yang mencatut namanya.

“Mohon untuk tidak direspon atau dilayani nomor 083170385755, karena itu bukan nomor saya, terima kasih itu modus penipuan, biasa fenomena mau lebaran,” kata Rusyono.

Meskipun demikian, hingga saat ini belum ada korban yang terkena dampak dari aksi penipuan ini.

Pejabat yang namanya dicatut langsung merespons dengan cepat untuk memberikan klarifikasi kepada masyarakat bahwa nama dan foto mereka digunakan oleh para penipu.

Pihak berwenang juga mengimbau masyarakat agar lebih waspada dan tidak mudah tergiur dengan modus penipuan semacam ini, terutama menjelang Lebaran yang kerap dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan.

Diharapkan dengan adanya peringatan ini, masyarakat dapat lebih waspada dan tidak menjadi korban dari aksi penipuan yang merugikan ini. (Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPemkab Ciamis Imbau Masyarakat agar Partisipasi Gerakan 1 Jam untuk Bumi
Artikulli tjetërKasus DBD di Kota Banjar Meningkat, Warga Diimbau Tingkatkan Kewaspadaan