Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Ciamis mengimbau masyarakat agar partisipasi dalam gerakan 1 jam untuk bumi pada Sabtu (23/3/2024). Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis mengimbau masyarakat agar partisipasi dalam gerakan 1 jam untuk bumi.

Gerakan 1 jam untuk bumi atau dikenal dengan ‘Gerakan Global Switch Off Earth Hour tahun 2024’ ini diperingati setiap tanggal 23 Maret.

Gerakan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan pada minggu ke-3 bulan Maret setiap tahunnya.

Sebagai informasi, tahun ini, penyelenggaraan Earth Hour mengusung tema ‘Berikan 1 Jam untuk Bumi’.

Aksi mematikan lampu dan alat elektronik selama satu jam itu rencananya akan dilakukan pada Sabtu 23 Maret 2024. Berlangsung sekitar pukul 20.30 sampai dengan 21.30 WIB secara serentak.

Pemkab Ciamis melalui Dinas PRKPLH menyatakan pentingnya gerakan bersama secara serentak untuk semakin menyayangi bumi.

“Ayo Wargi Tatar Galuh, ikut bagian dari gerakan aksi nyata Switch Off Earth Hour 2024 dengan mematikan listrik selama 60 menit pada tanggal 23 Maret 2024, pukul 20:30 – 21:30 waktu setempat,” tulis akun Instagram @dprkplh_kab.ciamis, pada Jumat (22/3/2024).

“Mematikan listrik selama satu jam, bisa menerangi masa depan kita semua,” tulisnya.

Mengajak Masyarakat untuk Menyayangi Bumi

Pemkab Ciamis melalui Dinas PRKPLH (Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup) berupaya untuk mengampanyekan dukungan terhadap aksi iklim.

Hal itu sebagaimana disampaikan Kepala Dinas PRKPLH Ciamis, Dr. H. Taufik Gumelar, S.T.,M.M., Jumat (22/3/2024).

“Gerakan Earth Hour pertama diadakan pada tanggal 31 Maret 2007. WWF-Australia menginspirasi masyarakat Sydney untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap aksi iklim,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut Taufik, Earth Hour juga merupakan perayaan terhadap planet bumi sehingga penting untuk menikmati momen dalam lingkungan yang aman.

Dengan mengacu himbauan melalui Surat Edaran Bupati Nomor 600.4.19/763-DPRKPLH.05/2024 tentang Gerakan Global Switch Off Earth Hour 2024 tertanggal 21 Maret 2024.

“Tentunya imbauan ini dalam rangka berpartisipasi di Global Switch Off Earth Hour 2024, masyarakat diimbau untuk terlibat. Mari kita matikan lampu serta alat elektronik lainnya selama satu jam,” ajak Taufik.

Lokasi Pemadaman Lampu di Kabupaten Ciamis

Pemkab Ciamis melalui Dinas PRKPLH secara rutin setiap tahunnya melaksanakan aksi Earth Hour.

Gerakan ini mengajak masyarakat khususnya di Ciamis untuk bersatu dalam momen refleksi hubungan antar sesama manusia dan bumi.

Berbentuk melakukan pemadaman lampu selama satu jam pada Sabtu, 23 Maret 2024 pukul 20.30 – 21.30 WIB di berbagai lokasi sebagai pusat pelaksanaan kegiatan.

Antara lain, Taman Rafflesia Alun-alun Ciamis, Lapang Lokasana Ciamis, Taman Hutan Kota Cigembor, Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Ciamis.

Kemudian, Kantor DPRKPLH Kabupaten Ciamis, TPA Banjaranyar Kecamatan Banjaranyar, TPA Ciminyak Kecamatan Cisaga, Kantor Kecamatan Kawali, dan Taman Surawisesa Kecamatan Kawali.

“Partisipasi dalam Earth Hour dapat memperkuat rasa persatuan dalam komunitas, ketika orang bersama-sama untuk mematikan lampu dan merayakan kesadaran lingkungan akan menciptakan ikatan sosial yang kuat dan membangun semangat kolaborasi dalam mencapai tujuan bersama,” papar Taufik.

Hal tersebut lanjut Taufik, sesuai dengan visi Bupati Ciamis yaitu memanfaatkan sumber daya alam dan lingkungan hidup secara bijaksana untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Membangun Karakter Lestarikan Lingkungan

Membangun karakter untuk melestarikan lingkungan yang asri, sambung Taufik, sebagai salah satu yang diharapkan dengan adanya gerakan matikan listrik dan alat elektronik selama 1 jam.

“Kami berharap, aksi mematikan lampu ini dapat membangun karakter peduli untuk melestarikan lingkungan. Sebagai bentuk menumbuhkan kepedulian perubahan iklim juga,” jelasnya.

Kepada masyarakat Tatar Galuh Ciamis bisa mendokumentasikan rangkaian kegiatan Switch Off Earth Hour 2024 melalui link http://bit.ly/EarthHourCiamis2024. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPolemik Kenaikan Harga Beras, LIN Ciamis Soroti Kesenjangan Sosial dan Ekonomi
Artikulli tjetërWaspada! Modus Penipuan Mengatasnamakan Pejabat Kota Banjar Jelang Lebaran