Wakil Bupati Ciamis, H. Yana D Putra. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Wakil Bupati Kabupaten Ciamis Yana D. Putra mengajak masyarakat Tatar Galuh untuk mengembalikan kejayaan Ayam Sentul.

Mengingat, Kabupaten Ciamis sendiri telah lama dikenal memiliki hubungan erat dengan industri ayam.

Hal tersebut Wabup Yana sampaikan saat menghadiri kegiatan FGD (Focus Grup Discussion) yang di gelar Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis, Selasa (26/9/2023).

Pada kesempatan itu, Yana mengungkapkan, sejak tahun 1990-an hingga awal 2000-an Tatar Galuh mencapai puncak kejayaan industri peternakan ayam ras.

“Sejarah industri ayam Kabupaten Ciamis, sejak tahun 1990-an hingga 2000-an daerah Tatar Galuh mencapai puncak kejayaan dalam industri peternakan ayam ras” kata Yana.

Yana menuturkan, terbilang sekitar 30 ribu peternak yang berkontribusi pada kesuksesan atau kejayaan tersebut.

“Namun memang hari ini terjadi penurunan yang tidak bisa abaikan dalam industri ayam Ciamis,” ungkapnya.

Salah satu faktor utamanya adalah peningkatan impor komponen-komponen penting dalam industri ayam, seperti pakan dan bibit.

Harapan Baru Mengembalikan Kejayaan Ayam di Ciamis

Yana menambahkan, di tengah perubahan yang dinamis, ada harapan baru untuk menghidupkan kembali kejayaan ayam Ciamis.Terutama varietas ayam lokal seperti Sentul.

Karena, ungkap Yana, Ayam Sentul adalah ras asli Ciamis yang memiliki potensi besar untuk tidak tergantung pada impor.

“Untuk mewujudkan potensi ini, Pemda Ciamis perlu berkolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait untuk meningkatkan kapasitas produksi ayam Sentul,” tuturnya.

Selain itu, penting juga untuk menciptakan terobosan dalam hal pengembangan pakan yang efektif dan efisien yang tidak bergantung pada impor.

“Mengingat ayam Sentul cenderung menjadi pilihan yang lebih sehat dalam tren makanan organik saat ini,” katanya.

Menurutnya, dengan langkah-langkah ini, ayam Sentul memiliki potensi besar untuk menjadi primadona di Kabupaten Ciamis.

Sehingga akan turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal, meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat, dan mengurangi ketergantungan pada impor.

“Dengan upaya bersama, ayam Sentul bisa menjadi conto sukses bagi pengembangan ayam kampung organik di Kabupaten Ciamis,” (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPeringati HUT ke-63, Karang Taruna Ciamis Ajak Pemuda Cegah HIV/AIDS
Artikulli tjetërSebanyak 9 Kecamatan di Ciamis Krisis Air Bersih, Bupati Herdiat Ajak Masyarakat Hemat Air dan Doa Bersama