BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Wakil Bupati Ciamis, H Yana D. Putra meresmikan asama putra pondok pesantren Al Hikmah Sukajaya, pada Selasa (6/2/2024) di Desa Imbanagara Raya, Ciamis.

Dalam sambutannya, Yana menyampaikan bahwa jumlah Ponpes saat ini cukup banyak terhitung jumlahnya.

“Kurang lebih sebanyak 500 pesantren yang tersebar di seluruh wilayah di Kabupaten Ciamis,” tuturnya.

Ia menjelaskan baik langsung maupun tidak langsung keberadaan ponpes ini turut membantu Pemerintah Daerah.

Baik dari sisi pendidikan keagamaan, mencerdaskan masyarakat dan melahirkan generasi penerus berakhlak karimah.

“Kami pemda terus melangkah meski dalam situasi kondisi serba terbatas terlebih akibat pandemi dua tiga tahun ke belakang sehingga pembangunan sedikit terhambat termasuk di bidang keagamaan,” jelasnya.

Ia berharap, semoga tahun 2025 nanti APBD Ciamis bisa kembali normal lagi.

“Sehingga perhatian pada bidang pendidikan bisa lebih maksimal lagi,” imbuhnya.

Ia juga menekankan agar keberadaan pesantren dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat, bukan hanya oleh santrinya.

Hal ini bertujuan agar pesantren tidak bersifat eksklusif dan terpisah dari masyarakat, serta mendorong lembaga pendidikan untuk tidak hanya berpikir tentang jumlah murid, tetapi juga memberikan pendidikan berkualitas terbaik kepada anak didiknya.

“Jangan sampai lembaga Pendidikan menjadi komunitas bisnis dengan berpikir bagaimana sekolah banyak muridnya tanpa memikirkan memberikan pendidikan dengan kualitas baik pada anak didik,” jelasnya.

Selain itu, penting juga untuk memikirkan masa depan anak santri setelah mereka menjadi alumni, dengan memastikan bahwa mereka memiliki kualitas untuk mandiri dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dengan adanya partisipasi aktif dari masyarakat sekitar dalam pembangunan pesantren, seperti yang terlihat pada Ponpes Al Hikmah, pesantren dan lingkungannya dianggap sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

“Alhamdulillah Ponpes Al Hikmah ini kemasyarakatan nya aktif, partisipasi masyarakat juga luar biasa dengan selalu mendukung pembangunan pesantren,” terangnya.

“Pesantren dan lingkungannya adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan,” tambah Yana.

Dengan upaya bersama antara pemerintah daerah, lembaga pendidikan, dan masyarakat, diharapkan Pondok Pesantren di Ciamis dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang besar bagi pendidikan dan pembangunan masyarakat.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBawaslu Kota Banjar Gelar Pelatihan Saksi Pemilu 2024
Artikulli tjetërPanwascam Kertasari Soroti Potensi Kerawanan Gudang Logistik Pemilu