Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Wabup Ciamis, Yana D Putra me Launching secara langsung destinasi wisata Bukit Meralaya di Desa Mekarsari, Kecamatan Tambaksari, Minggu (9/1/2022).

Wabup Yana mengapresiasi pada pemerintah dan masyarakat Desa Mekarsari dengan telah bukanya destinasi wisata desa tersebut.

Yana mengatakan, masyarakat terkadang keliru mengartikan antara desa wisata dengan destinasi atau objek wisata.

“Perlu dipahami bahwa antara desa wisata dan destinasi wisata itu berbeda, di Desa wisata ada destinasi wisata, tapi setiap destinasi wisata itu belum tentu desa wisata,” terangnya.

Menurutnya, desa wisata adalah suatu desa yang betul-betul menjadikan kawasan wisata. Memberikan kenyamanan dan pengalaman kepada wisatawan dengan menyuguhkan suasana desa.

Yana menyatakan, terdapat beberapa syarat agar suatu desa menjadi desa wisata. Pertama, adanya partisipasi dari seluruh masyarakat.

“Budaya dan kultur pariwisata harus terbangun. Masyarakat harus punya mental wisata. Sehingga akan membangun karakter budaya,” jelasnya.

Syarat yang ke dua yakni menggali semua potensi, salah satunya memperhatikan potensi lokal desa dan mengembangkannya.

“Jika potensi suatu desa bidang pertanian maka kembangkan potensi tersebut, jangan malah beralih ke bidang industri,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Yana juga menyerahkan penghargaan Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Desa Mekarsari dari Kemenparekraf RI.

Ia berharap, penghargaan tersebut bisa jadi motivasi untuk lebih menggali dan mengembangkan potensi Desa Mekarsari.

Sementara itu, perwakilan penyelenggara, Wendri Galih Bahtiar mengatakan, destinasi wisata tersebut dibangun tahun 2019.

“Sampai saat ini kami hanya mengandalkan potensi yang ada dari desa. Belum terpikirkan untuk kerjasama dengan pihak lain atau investor,” kata Wendri.

Ia mengungkapkan, masih banyak target dan harapan untuk dapat mengembangkan destinasi wisata ini, salah satunya menjadikan wisata berbasis masyarakat.

“Kami ingin masyarakat ikut terlibat. Ketika bukit meralaya ini berkembang maka laju ekonomi masyarakat jga akan tumbuh” ucapnya.

Artikulli paraprakKemenangan Dramatis Nottingham Forest, Taklukan Arsenal Skor Tipis 1-0
Artikulli tjetërWisata Takesi Cisontrol Racah Dikembangkan, Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat Desa