Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menghadiri acara tasyakur milangkala Desa Andapraja. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menghadiri acara tasyakur milangkala Desa Andapraja, Sabtu (29/4/2023).

Ratusan masyarakat desa setempat nampak hadir memeriahkan acara milangkala tersebut.

Pada acara tersebut banyak menampilan berbagai macam kesenian, tampilan keagamaan serta bazar UMKM oleh masyarakat setempat.

Wabup Ciamis dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk lebih meningkatkan kecintaan terhadap daerah.

Hal itu sebagai modal utama membangun desa agar lebih maju dan sejahtera.

“Jika sudah ada rasa cinta maka akan timbul rasa memiliki, hal itu penting agar desa lebih maju dan sejahtera,” jelasnya.

Selanjutnya, ia menyampaikan bahwa Desa Andapraja termasuk salah satu dari 116 desa yang termasuk kategori desa mandiri.

“Berkat kerjasama semua pihak, pada tahun 2019 lalu hanya ada 19 desa mandiri, dan tahun ke empat ini sudah mencapai 116 Desa mandiri,” terangnya.

Ditegaskan Wabup bahwa dalam kondisi serba sulit seperti saat ini masyarakat dituntut untuk berfikir out of the box yakni bagaimana hal kecil dapat menghasilkan sesuatu yang besar.

Lebih lanjut, Wabup Yana menyampaikan terdapat empat syarat utama majunya suatu daerah yaitu dengan ilmunya para ulama, adilnya para pemimpin, peran para agniya dan terakhir doanya orang-orang fakir dan miskin.

“Bi-Adillatil Umaro (dengan keadilan para pemimpin/pejabat/pemerintah/penguasa), salah satu syarat majunya suatu daerah. Selain itu bi’ilmil ulama (dengan ilmu ulama), bisaqoowatil aghniyaa (peran para aghniya/orang-orang kaya), keempat Bidu’ail fuqara-i wal masaakiin (doanya orang-orang lemah),” ungkapnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBupati Herdiat Sampaikan Apresiasi atas Motivasi dan Semangat Tenaga Pendidik di Kabupaten Ciamis
Artikulli tjetërHari Buruh, Eks Karyawan KSP Serambi Dana Ciamis Pertanyakan kembali Janji Perusahaan