Foto/Prokopim Setda Kabupaten Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Usai mengikuti shalat sunnah Idul Adha 1443 H, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan beberapa pesan.

Untuk diketahui, ribuan umat muslim di Kabupaten Ciamis saat melaksanakan shalat sunnah memenuhi bagian dalam dan halaman Masjid Agung Ciamis.

Terlihat Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Wabup Ciamis Yana D Putra, Sekda Ciamis Tatang, unsur Forkopimda beserta jajaran pejabat Pemkab Ciamis turut mengikuti salat Idul Adha di Masjid Agung Ciamis, Minggu (10/7/2022).

Bertindak sebagai Imam Salat Idul Adha 1443 Hijriyah tahun 2022 ini dipimpin oleh Ustadz Abdurrahman. Sementara Khotib adalah KH. Aip Maftuh.

Bupati Ciamis menyampaikan bahwa Ibadah qurban merupakan wasilah cara atau jalan untuk mencapai ketakwaan kepada Allah SWT.

“Keberanian mengorbankan kepentingan pribadi untuk kepentingan yang lebih besar hendaklah dapat kita petik sebagai hikmah, sekaligus wasilah bagi kita untuk mencapai ketakwaan kepada Allah SWT,” ucapnya.

Hikmah Hari Raya Idul Adha 1443 H

Herdiat menerangkan Hari Raya Idul Adha berakar dari sejarah Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS.

Kedua kekasih Allah yang memiliki tingkat ketakwaan dan ketaatan yang tinggi dalam memenuhi perintah-Nya.

“Sikap pasrah dan ikhlas yang tertanam pada Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS untuk berkurban dan berbakti kepada Allah SWT patut menjadi teladan bagi kita semua,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa penyembelihan hewan kurban merupakan tindakan simbolis.

Tentang bagaimana menundukkan dan menguasai serta mengendalikan segala sifat yang buruk yang ada pada diri manusia.

“Sesungguhnya keselamatan manusia baik sebagai individu maupun warga masyarakat sungguh sangat bergantung pada mampu atau tidaknya manusia menguasai dan mengendalikan hawa nafsu tersebut,” terang Herdiat.

Qurban Lebih Mempertebal Keimanan

Bupati Ciamis ini, berharap dengan ibadah qurban tersebut dapat lebih mempertebal keimanan dalam menghadapi ujian dan cobaan dengan penuh kesabaran dan penuh keikhlasan.

“Semoga perayaan Idul Adha hari ini menjadi anugerah dan penuh keberkahan seraya tetap bertawakal dan bersabar menghadapi segala ujian dan cobaan,” jelasnya.

Setelah pelaksanaan shalat Idul Adha, Bupati Ciamis berkesempatan menyerahkan hewan Qurban kepada Ketua DKM Masjid Agung Ciamis.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaHari Raya Idul Adha 1443 H, Ketua DPD AMPI Ciamis Berpesan Pentingnya Untuk Selalu Tebar Manfaat
Artikel berikutnyaRekor Pertemuan Timnas Indonesia U-19 Vs Myanmar di Piala AFF