Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Disperpuska) Kabupaten Ciamis. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Ciamis menggelar pemilihan Duta Baca tahun 2022.

Bertempat di Aula Dispuska, pada Kamis (22/9/2022), seleksi Duta Baca dilaksanakan dengan mengambil tema ‘Terampil Berliterasi Berani, Beraksi Mewujudkan Ciamis Literat’.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Ciamis Drs H Dondon Rudiana M.Si., mengatakan, dewasa ini kemampuan berliterasi masyarakat, membaca, memahami, dan menulis sangat penting dalam konsep literasi nasional.

“Konsep ini yang harus disadari bersama oleh masyarakat. Bahwa belajar tidak harus berhenti pada saat kita menyelesaikan pendidikan formal, mulai PAUD, TK, SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi,” kata Dondon.

Ia menuturkan, adanya seleksi ini pun bertujuan untuk mendekatkan Perpustakaan dengan masyarakat.

“Kita diharapkan menjadi masyarakat pembelajar. Sepanjang hidup kita terus belajar,” lanjutnya.

Menurutnya, literasi berperan dalam menciptakan masyarakat yang literat yakni, masyarakat maju.

Serta masyarakat yang memiliki ilmu pengetahuan yang baik, agar bisa menghindarkan masyarakat dari kemiskinan ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, dan politik.

Apalagi generasi muda, lanjutnya, merupakan tulang punggung dan penerus perjuangan bangsa harus bisa mengisi kemerdekaan ini dengan pembangunan yang positif.

“Generasi muda adalah penerus cita-cita perjuangan bangsa. Maka, dibutuhkan jiwa kepemimpinan yang handal dan tanggap. Serta mampu menyelesaikan persoalan yang dihadapi secara ilmiah dan menemukan jawaban dari permasalahan secara konsepsional,” terang Dondon.

Prestasi Duta Baca Ciamis

Sementara itu, Duta Baca di Kabupaten Ciamis sendiri mempunyai sumber daya manusia yang berprestasi.

Sebut saja Juara 1 bernama Nandi. Ia merupakan warga Dusun Sukajaya, Desa Margamulya, Kecamatan Kawali.

Saat ini ia tengah mengenyam pendidikan di UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.

Nandi terpilih menjadi Juara 1 karena pemahaman literasinya sudah cukup baik. Kegiatan literasinya pun beragam, dan inovasinya cukup menarik.

Kemudian yang terpilih menjadi Juara 2 adalah Wina Widianti berasal Dusun Karangpucung, Desa Cijeungjing, Kecamatan Cijeungjing.

Masih menjadi mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Kabupaten Ciamis.

Dia terpilih menjadi Juara 2 lantaran memiliki pemahaman literasi yang sudah cukup baik.

Literasi yang ia sering laksanakan kepada masyarakat dalam bidang kesehatan sudah cukup banyak.

Kemampuan menulisnya cukup baik, beberapa artikelnya pun sudah diunggah di jurnal internasional. Ia juga memiliki inovasi di bidang literasi.

Kemudian yang mendapat Juara 3 adalah Galuh Angling Bagaskara. Dia berasal dari Dusun Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing.

Terpilih menjadi Juara 3 Duta Baca Kabupaten Ciamis karena Galuh memiliki pemahaman literasi yang sudah cukup bagus, public speaking-nya bagus, dan inovasi literasinya ada. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakDPRKPLH Ciamis Gelar Sosialisasi Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup
Artikulli tjetërNgobrol Seputar Pajak, Masyarakat Ciamis Semakin Mudah Membayar Pajak