Beranda Ciamis Unik, Masyarakat di Ciamis Laksanakan Upacara HUT RI di Tengah Sungai

Unik, Masyarakat di Ciamis Laksanakan Upacara HUT RI di Tengah Sungai

BERBAGI
Foto/Dok.Pasundannews.com
BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Momentum hari kemerdekaan Indonesia biasanya diwarnai dengan kegiatan-kegiatan unik dan kreatif. Seperti halnya di Ciamis, sejumlah warga antusias mengikuti kegiatan upacara HUT RI ke 75 tahun 2020, di tengah sungai Cileuer, Senin (17/8/2020).
Upacara ditengah sungai Cileuer adalah pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Ciamis, namun demikian, upacara HUT RI berjalan dengan penuh khidmat dan diikuti ratusan masyarakat yang antusias di pinggir sungai Cileueur Ciamis.
Berdasarkan pantauan dilapangan, petugas dan peserta upacara berjumlah 30 orang lengkap dengan pakaian putih hitam serta memakai masker sesuai dengan anjuran pemerintah dalam protokol kesehatan Covid-19.
Panitia Pelaksana Upacara, Himawan Sasongko mengatakan, pihaknya sengaja menggelar upacara ditengah sungai. Mengingat, di lingkungan Janggala ini memang tidak mempunyai lapangan luas.
“Meskipun tidak memiliki lapangan luas, untuk memeriahkan hari kemerdekaan kami sengaja melaksanakan upacara di tengah sungai. Karena, ini momentum yang sangat berharga bagi negara kita,” katanya.
Sebelumnya, kata dia, masyarakat bergotong royong membersihkan bantaran sungai ini untuk dijadikan tempat dilaksanakanya upacara hari kemerdekaan.
“Upacara ditengah sungai ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan terutama membersihkan sungai, yang menjadi sumber air masyarakat,” katanya.
Himawan berharap, dengan kegiatan upacara hari kemerdekaan ini dapat menumbuhkan rasa nasionalisme. Umumnya bagi warga dan khususnya bagi anak-anak sebagai generasi untuk kemajuan bangsa.
“Alhamdulillah tanggapan masyarakat sangat positif, mendukung dan antusias. Harapan kami agar kondisi Pandemi ini segera berakhir dan bisa beraktivitas normal kembali,” harapnya.
Sementara itu, Upacara Hari Kemerdekaan tingkat Kabupaten digelar di halaman Pendopo Ciamis. Kegiatan ini hanya diikuti oleh 30 peserta dari TNI, Polres dan ASN. Bupati Ciamis Herdiat Sunarya sebagai inspektur upacara.
“Kami menggelar upacara secara terbatas di pendopo. Kegiatan kemeriahan peringatan 17 Agustus di masyarakat memang ada. Tapi kami sudah ingatkan untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan,” pungkasnya. (Ferry/Pasundannews.com)
BERBAGI