PASUNDAN NEWS, CIANJUR– Anggota Komisi VIII DPR-RI, Drs. H. Tjetjep Muchtar Soleh, MM menyalurkan bantuan perbaikan rumah tidak layak huni (Rutilahu) di Kabupaten Cianjur.

Bantua rutilahu tersebut melalui program Rumah Sejahtera Terpadu (RST) di Kampung Cengkar, RT 01 RW 03, Desa Ciharashas, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Kamis (21/12/2022).

Program RST ini sebagai bentuk kepedulian Tjetjep kepada masyarakat Cianjur yang masih menempati rumah yang tidak layak huni.

Sehingga, dengan bantuan ini diharapkan warga penerima manfaat dapat memiliki rumah yang layak untuk ditinggali.

Dalam kesempatan tersebut, Tjetjep melakukan peletakan batu pertama tanda dimulainya perbaikan rumah milik Bapak Enang Sulaeman selaku penerima bantuan RST.

Selain itu, rencanannya akan ada 166 rutilahu yang tersebar di seluruh Kabupaten Cianjur yang juga akan mendapatkan perbaikan melalui program RST ini.

Anggota Komisi VIII DPR-RI yang juga Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Cianjur ini menjabarkan, proses perbaikan setiap rumah ini bersumber dari anggaran Kementerian Sosial Republik Indonesia.

“Perbaikannya juga akan dikerjakan secara bergotong royong melalui program Gorol IRM atau Gotong Royong Lobaan Imah Rada Merenah,” tambahnya.

Gorol IRM Bentuk Kepedulian Trrhadap Masyarakat

Usai peletakan batu pertama, sejumlah warga bersama tokoh Cianjur, Irvan Rivano Muchtar memulai program Gorol IRM.

Warga pun nampak antusias melaksanakan kegiatan tersebut bersama tokoh muda Cianjur yang terkenal dekat dengan warga karena kerap terjun secara langsung dalam setiap kegiatan bersama warga.

Gorol IRM ini juga akan menyusul dilaksanakan dibeberapa titik lokasi pembangunan maupun renovasi rumah yang tidak layak huni.

Gorol IRM merupakan bentuk kepedulian langsung terhadap masyarakat termasuk yang terdampak Gempa.

Hal itu agar terbangunnya gotong royong sesama warga dalam membangunkan rumah yang sederhana namun tetap memperhatikan kelayakan, keamanan serta kenyamanan bagi penghuninya.

Selan itu, TMS pun sudah menyalurkan berbagai macam program bantuan yang bermanfaat bagi masyarakat Cianjur.

Terutama pasca bencana gempa bumi yang terjadi di Cianjur Senin (21/11/2022) lalu. Di antaranya pemberian santunan beasiswa kepada 75 pelajar yang terdampak bencana gempa.

“Masing-masing siswa akan mendapat beasiswa sebesar Rp1 juta,” jelasnya.

Dirinya pun telah menyalurkan bantuan 40 kursi roda bagi masyarakat Cianjur yang membutuhkan.

Sebelumnya, usai gempa bumi yang melanda Cianjur, TMS Bersama DPD Partai Nasdem Cianjur bergerak cepat menurunkan relawan.

Relawan tersenyt berasal dari setiap sayap Partai NasDem baik untuk melakukan evakuasi korban, serta pendistribusian logistik.

Posko NasDem peduli bencana juga didirikan untuk mengoordinir segala bentuk penyaluran bantuan kepada korban bencana.

Membagikan 1.500 nasi box setiap hari kepada pengungsi selama 13 hari serta memberikan pelayanan Kesehatan kepada 4.542 masyarakat yang menjadi korban melalui pos Kesehatan terpadu yang digagas oleh Partai NasDem.(Fhn)

Artikulli paraprakSatu Bulan Berlalu, 5 Orang Masih Dalam Pencarian Pasca Gempa di Cianjur 
Artikulli tjetërPemkab Ciamis Pertahankan Status Zona Hijau Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022