Poto: press 👍 and ⭐ dari Pixabay

Pasundannews.com – Puasa Ramadan tinggal menghitung jam lagi. Sebelum memulai puasa, umat muslim melakukan sahur terlebih dahulu. Waktu sahur sendiri biasanya di batasi sampai waktu imsak tiba, simak tips agar waktu sahur tidak terlewat.

Lalu bagaimana jika Anda telat bangun, sehingga waktu sahur menjadi terlewatkan. Menyiapkan sahur tentu akan menambah energi untuk tubuh ketika berpuasa seharian. Maka jangan sampai Anda telat sahur atau kesiangan ya.

Berikut Tips agar waktu sahur tidak terlewat.
1. Perhatikan jam tidur

Supaya Anda bisa sahur tepat waktu sesuai dengan keinginan . Anda mesti memperhatikan jam tidur. Solusinya jangan tidur terlalu larut malam karena berisiko bangun kesiangan.

Ada baiknya anda mulai tidur sebelum jam 10 malam. Istirahat yang cukup bagi tubuh Anda, agar ketika bangun badan terasa segar untuk sahur. waktu tidur yang kurang akan membuatmu tidak bernafsu untuk sahur dan cenderung tidur kembali selepas sahur.

2. Siapkan alarm

Perbarui settingan alarm Anda selama bulan puasa. Letakkan alarm dekat dengan posisi tidur anda minimal 30 cm dari kepala Anda. Jangan lupa setting jamnya. Jika selama ini anda setting di jam 6 jangan lupa setting mulai dari sekarang ya.

3. Niat

Beranjak tidur, pastikan niat di dalam diri untuk bangun lebih awal dan melaksanakan sahur. Niat adalah ibarat alarm yang di pasang di alam bawah sadar. bisa juga membaca niat sebelum tidur.

4. Saling Mengingatkan Dengan Keluarga

Saling mengingatkan antara keluarga sangat penting ya. mungkin di desa ada yang tukang bangunin anda yang keliling kampung. Ketika anda hidup di dalam komplek tentu jarang merasakan itu. Untuk itu, mulailah kerjasama dengan anggota keluarga lain agar tidak terlambat makan sahur. Siapapun yang bangun duluan minta lah untuk membangunkan keluarga yang lain.

5. Siapkan menu lebih awal

Biasanya ni ketika Anda bangun harus memasak terlebih dahulu dan itu cukup memakan waktu. Tentunya Anda bisa siasati dengan menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu sebelum tidur, Seperti mengupas kentang, memotong sayuran, bahkan mengulek cabe. Hal itu akan cukup membantu memaksimalkan waktu Anda.

Mungkin segitu tipsnya supaya tidak kelewat waktu sahur. selamat berpuasa. Marhaban ya Ramadan.

(Fjs)

Artikulli paraprak7 Tips Hidup Bahagia Tidak Mudah Stres
Artikulli tjetërProgram Pendataan Keluarga 2021, DP2KBP3A Ciamis Libatkan 3.267 Kader