Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dalam rangka memaksimalkan fungsi kehumasan di setiap Organisasi Perangkat Daerah atau OPD di lingkup pemerintahan Kabupaten Ciamis, Humas Setda Kabupaten Ciamis melakukan inovasi aksi perubahan Klinik Maksimalisasi Protokoler, Photography dan Jurnalistik atau PPJ.

Inovasi aksi perubahan tersebut telah di launching pada Senin (02/11) kemarin, di Aula Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis Toto Marwoto.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Perwakilan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ciamis dan Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Ciamis.

Kabag Humas Setda Ciamis, Ani Supiani mengatakan, inovasi Klimaks PPJ dilakukan karena adanya keterbatasan personil Bagian Humas Setda Ciamis dan intensitas kegiatan yang padat.

Sehingga harus adanya optimalisasi Sumber Daya Manusia (SDM) di setiap OPD dalam peningkatan kemampuan di bidang Protokoler, Photography dan Jurnalistik.

“Kita mengharapkan output yang nantinya memiliki tim khusus yang memahami terkait teknis keprotokolan untuk mengatur penyelenggaraan kegiatan, photography dalam hal pendokumentasian kegiatan dan keahlian jurnalis sebagai informasi publik,” katanya.

Ani menjelaskan, dalam pelaksanaan inovasi tersebut telah sesuai dengan Peraturan Bupati Ciamis Nomor 37 Tahun 2016 dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Pelaksanaan inovasi ini, kita berpegang teguh pada dasar hukum yang berlaku. Sebagai upaya penguatan inovasi yang harus dilakukan sesuai tupoksi Bagian Humas sendiri,” imbuhnya.

Sementara itu, Pj Sekretaris Daerah, Toto Marwoto mengatakan, Inovasi Klimaks PPJ sebagai upaya pengembangan Human Resource di lingkup OPD Kabupaten Ciamis.

“Kita telah mengetahui banyaknya kegiatan yang dilaksanakan setiap OPD, terkadang jarang terekspose. Diharapkan dengan inovasi Klimak PPJ ini bisa mewujudkan keterbukaan informasi dan eksistensi serta targetan pencapaian kinerja setiap OPD,” katanya.

“Semoga apa yang ditargetkan dan diikhtiarkan oleh saudari Ani Supiani selaku penginisiasi aksi perubahan terlaksana dengan sukses dan tanpa hambatan,” tambahnya.

Masih ditempat yang sama, Perwakilan PWI Kabupaten Ciamis, Rizal Nurdiana mengapresiasi dan menyambut baik atas rencana aksi perubahan yang telah digagas oleh Humas Setda Ciamis.

“Optimalisasi fungsi kehumasan di setiap OPD sangat diperlukan, hal sejalan dengan percepatan digitalisasi informasi harus didukung dengan kesiapan SDM di setiap OPD untuk memaksimalkan penetrasi penyampaian kegiatan yang telah dilaksanakan,” ungkapnya.

Senada yang disampaikan perwakilan PWI Ciamis, Ketua IJTI Ciamis Raya, Yopi Andreas pun mendukung dengan adanya inovasi yang digagas oleh Humas Setda Ciamis tersebut.

“Penetrasi informasi kegiatan kepada masyarakat perlu dilakukan, baik dalam bentuk narasi text, grafik maupun video,” jelasnya.

“Hadirnya inovasi Klimaks PPJ ini diharapkan mampu memberikan dampak baik terhadap eksistensi, juga mewujudkan keterbukaan informasi di setiap OPD sebagai konsumsi informasi bagi masyarakat luas,” harapnya. (Hendry/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakAplikasi SKOCI, Inovasi Dinas Pertanian Wadahi Informasi Seputar Kopi Ciamis
Artikulli tjetërBupati Ciamis Buka Seleksi Terbuka Jabatan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah