Truk Bermuatan Beras terguling di tanjakan Viaduct Pintu Singa, Kota Banjar, Senin (20/5/2024) sore. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Sebuah truk bermuatan beras terguling di jalan Husein Kartasasmita, tepatnya di tanjakan Viaduct Pintu Singa, Kota Banjar, Jawa Barat, Senin (20/5/2024) sore.

Truk yang dikemudikan oleh Dori, warga Balokang Kota Banjar, mengangkut 12 ton beras dari Katapang menuju gudang Bulog.

Peristiwa ini terjadi diduga karena truk telat over gigi, sehingga tidak kuat menanjak dan kemudian mundur serta terguling di bahu jalan sebelah kanan.

Akibat kecelakaan ini, muatan beras tumpah dan berserakan di pinggir jalan.

“Sopir diduga terlambat memindahkan gigi, sehingga truk tidak mampu menanjak dan akhirnya mundur serta terguling,” kata Kasat Lantas Polres Banjar, AKP Otong Rustandi yang ditemui di lokasi kejadian.

Petugas laka lantas yang tiba di lokasi melakukan penanganan pertama, sementara belasan orang yang merupakan rekan sopir, membantu mengalihkan muatan beras yang tumpah ke truk lain agar segera dapat diteruskan ke gudang Bulog.

“Syukurlah tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Namun, sopir mengalami luka ringan dan terkilir di bagian bahu sebelah kanan,” tambah Otong.

AKP Otong juga menjelaskan bahwa evakuasi truk memakan waktu 30 menit dengan menggunakan bantuan Derek.

Kendati demikian, lalu lintas di sekitar lokasi kejadian dapat diatur sehingga tidak menyebabkan kemacetan yang berarti.

“Proses evakuasi memakan waktu 30 menit. Namun, kami berhasil mengatur lalu lintas agar tetap lancar. Saya mengimbau kepada para pengemudi truk untuk lebih berhati-hati, terutama saat melintasi tanjakan dan membawa muatan berat. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan selalu periksa sistem transmisi,” tutup AKP Otong Rustandi.

Dori, sang sopir, telah mendapatkan perawatan medis di lokasi kejadian dan segera dibawa ke rumah untuk pemeriksaan lebih lanjut. Petugas berharap kejadian serupa tidak terulang kembali di masa mendatang.

Kejadian ini menjadi peringatan bagi para pengemudi truk lainnya untuk selalu waspada dan memeriksa kondisi kendaraan sebelum memulai perjalanan, terutama ketika membawa muatan berat melewati jalan yang menanjak.

(Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakLaunching Saung Lek Dul, Destinasi Wisata Kuliner Baru di Kota Banjar
Artikulli tjetërPemkab Ciamis Raih Opini WTP 11 Kali Berturut-turut