Tanggapi keluhan warga, Polres Banjar gelar Jumat Curhat bersama warga Cigadung, desa Karyamukti, Kota Banjar, Jawa Barat, Jumat (31/5/2024). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Polres Banjar mengadakan kegiatan Jumat Curhat bersama warga di wilayah Desa Karyamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jumat (31/5/2024).

Kegiatan kali ini dilaksanakan di Masjid Al Huda, Dusun Cigadung, dengan tujuan mendengar langsung keluhan dari warga dan mencari solusi atas permasalahan Kamtibmas di lingkungan setempat.

Kapolres Banjar, AKBP Danny Yulianto, beserta jajaran menghadiri kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Kapolres menekankan pentingnya mendengarkan keluhan warga untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman.

“Kami hadir di sini untuk mendengar dan mencari solusi bersama atas permasalahan Kamtibmas yang ada di lingkungan kita,” ujarnya.

Pada era teknologi yang semakin maju, khususnya dengan meningkatnya penggunaan smartphone, Kapolres juga mengingatkan warga akan bahaya konten negatif yang dapat diakses oleh anak-anak.

“Banyak anak terjerumus dalam tontonan kekerasan, pornografi, dan konten negatif lainnya. Orang tua harus berperan aktif mengawasi penggunaan teknologi oleh anak-anak mereka,” tambahnya.

Kapolres mengimbau orang tua untuk tidak hanya mengawasi, tetapi juga memahami cara penggunaan teknologi yang semakin maju.

“Orang tua juga harus paham bagaimana menggunakan teknologi yang semakin maju agar dapat mendampingi anak-anak mereka dengan baik. Jika kita tidak mengikuti perkembangan zaman, kita akan tergilas,” tegasnya.

Selain itu, Kapolres juga mengingatkan pentingnya pengawasan dalam pergaulan anak-anak dan remaja.

“Anak-anak kita harus dijaga dari pergaulan yang buruk, seperti bergabung dengan geng motor yang semakin marak saat ini,” katanya.

Komitmen Polres Banjar Ciptakan Lingkungan Aman dan Kondusif 

Kapolres Banjar menegaskan komitmen pihaknya untuk terus berupaya menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.

“Kami akan terus berupaya melakukan patroli rutin dan tindakan tegas terhadap pelaku kejahatan, termasuk geng motor,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, warga juga diajak untuk aktif berpartisipasi dalam menjaga keamanan lingkungan.

“Keamanan lingkungan bukan hanya tugas polisi, tetapi juga tanggung jawab kita bersama. Mari kita tingkatkan kerjasama untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman,” ajak Kapolres.

Kegiatan Jumat Curhat ini diikuti oleh tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan warga setempat. Mereka menyampaikan berbagai keluhan dan masukan terkait Kamtibmas di lingkungan mereka.

“Kami sangat mengapresiasi kehadiran Kapolres dan jajarannya yang mau mendengarkan keluhan kami secara langsung,” ujar salah satu tokoh masyarakat setempat sekaligus ketua DKM Al Huda, Ustadz Jeje.

Seorang warga lainnya, Basor, juga mengungkapkan kekhawatirannya terkait maraknya geng motor di lingkungan mereka.

Selain itu, ia juga mewakili warga meminta agar pemerintah Kota Banjar segera memperbaiki fasilitas jalan kampung yang mengalami kerusakan.

“Kami berharap ada tindakan tegas dari pihak kepolisian untuk memberantas geng motor yang meresahkan warga. Selain itu, kami juga meminta kepada pemerintah Kota Banjar agar secepatnya untuk memperbaiki jalan lingkungan yang sudah rusak sejak lama,” tuturnya.

Jumat Curhat ini merupakan bagian dari upaya Polres Banjar untuk lebih dekat dengan masyarakat dan mendengarkan keluhan mereka secara langsung, demi terciptanya keamanan dan ketertiban di Kota Banjar.

(Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBakesbangpol Kota Banjar Gelar Optimalisasi dan Sinergitas Forkopimda untuk Pilkada 2024
Artikulli tjetërBubur Pusaka, Kuliner Legend di Ciamis Sejak Tahun 60-an