Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Banjar saat menggelar kegiatan optimalisasi dan sinergitas Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di GOR Kelurahan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, Jumat (31/5/2024). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Banjar gelar kegiatan optimalisasi dan sinergitas Forkopimda di Kelurahan Banjar, Jumat (31/5/2024).

Kegiatan ini dalam rangka pencegahan dan penyelesaian konflik sosial menjelang Pilkada serentak tahun 2024,

Kepala Bakesbangpol Banjar, Dedi Suryadi, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat sinergitas semua elemen masyarakat dan pemerintah.

“Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memastikan terciptanya suasana yang kondusif dan damai selama proses Pilkada berlangsung,” ujarnya.

Menurut Dedi, kerjasama antara Forkopimda dan masyarakat sangat penting dalam mengantisipasi potensi konflik.

“Kolaborasi ini diharapkan mampu mencegah dan menyelesaikan konflik sosial yang mungkin timbul di masyarakat,” katanya.

Pj Walikota Banjar, Ida Wahida Hidayati, dalam sambutannya mengapresiasi inisiatif Bakesbangpol menggelar kegiatan tersebut.

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting untuk menjaga stabilitas dan keamanan di Kota Banjar menjelang Pilkada.

“Sinergi yang baik antara pemerintah dan masyarakat menjadi kunci utama dalam menciptakan Pilkada yang aman dan damai,” tuturnya.

Sinergitas Forkopimda dan Masyarakat Kota Banjar 

Kapolres Banjar, AKBP Danny Yulianto, menekankan pentingnya kewaspadaan dini dalam menghadapi situasi menjelang Pilkada.

“Polres Banjar mendukung penuh upaya pemerintah dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif. Kewaspadaan dini dan koordinasi yang baik sangat diperlukan,” ucapnya.

Sementara itu, Dandim 0613 Ciamis, Letkol Inf Afiid Cahyono, juga menyatakan komitmen TNI dalam menjaga keamanan selama Pilkada.

“Kami siap bersinergi dengan semua pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban Kota Banjar. Keamanan Pilkada adalah tanggung jawab kita bersama,” ujarnya.

Candra Herawan, perwakilan dari Kejaksaan Negeri Kota Banjar, menegaskan pentingnya penegakan hukum dalam menjaga ketertiban selama Pilkada.

Kejari Banjar akan menindak tegas segala bentuk pelanggaran hukum yang dapat mengganggu jalannya Pilkada.

“Kami akan bekerja sama dengan semua elemen untuk menjaga ketertiban dan keamanan,” katanya.

Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari perwakilan akademisi dan ormas yang hadir.

Mereka menilai langkah Bakesbangpol sangat tepat dalam mengantisipasi dan menyelesaikan konflik sosial.

“Kegiatan ini menjadi momentum penting bagi kita semua untuk bersama-sama menjaga kondusivitas Kota Banjar,” ujar Tenten salah satu perwakilan ormas.

(Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakEnsemble Technique SMK 2 Banjar Bangkit Setelah Vakum Lima Tahun Akibat Pandemi
Artikulli tjetërTanggapi Keluhan Warga, Polres Banjar Gelar Jumat Curhat di Masjid Al Huda Karyamukti