Beranda Ciamis Tampung Hasil Pertanian, KWT Khoerunnisa Rancah Ciamis Gelar Pasar Tani

Tampung Hasil Pertanian, KWT Khoerunnisa Rancah Ciamis Gelar Pasar Tani

Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANEWS.COM – Kelompok Wanita Tani (KWT) Khoerunnisa menggelar kegiatan Pasar Tani di lahan pertanian KWT di Dusun Sukamaju, Desa Cileungsir, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (27/06/2020).

Kegiatan Pasar Tani ini merupakan perdana yang digelar oleh KWT. Namun, meskipun baru pertama kali kegiatan tersebut sudah mendapatkan respon positif dari berbagai pihak.

Maka dari itu, KWT Khoerunnisa ini berencana menjadikan pasar tani sebagai agenda rutin yang digelar setiap 2 minggu sekali.

Penyuluh pertanian dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Rancah, Nanang Hermana menjelaskan, tujuan diadakanya kegiatan pasar tani ini sebagai upaya untuk membantu para petani memasarkan berbagai produk hasil pertaniannya secara mudah ke konsumen atau pembeli.

“Kegiatan ini harus dilakukan secara rutin. Sebab, berdampak signifikan terhadap para petani untuk memasarkan hasil pertanianya secara mudah kepada konsumen,” katanya.

Nanang menambahkan, dengan diadakanya kegiatan ini,  mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi para petani.

“Mudah-mudahan ini bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Kami tampung semua produk pertanian yang ada di Dusun Sukamaju” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KWT Khoerunnisa, Nunung Nurhayati menjelaskan, kegiatan pasar tani ini tidak hanya menampung potensi hasil pertanian saja, tetapi kegiatan ini juga untuk meningkatkan nilai tambah pendapatan bagi petani.

“Sebab, selama ini para petani sering kesulitan dalam memasarkan produk. Jadi, ini sebagai awal, harapan kedepannya semoga bisa ditingkatkan lagi termasuk volume yang akan dipasarkan,” jelasnya.

Menurutnya, untuk periode ini belum semua petani ikut dalam giat pasar tani. Sebab, masih dalam tahap uji coba respon konsumen atau masyarakat terhadap produk lokal petani.

“Alhamdulialh, meski perdana kegiatan ini dapat respon baik oleh masyarakat. Kedepannya, kegiatan pasar tani ini akan digelar setiap 2 minggu sekali,” pungkasnya. (Hen02/Pasundannews.com)