(Foto/Istimewa)

PASUNDANNEWS.COM – CIAMIS, Meski Kabupaten Ciamis tidak menggelar Pilkada Serentak 2020, Bawaslu Ciamis tetap bekerja ekstra menjalankan program sosialisasi pengawasan untuk persiapan Pemilu maupun pemilihan (Pilkada) mendatang.

Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Ciamis, Uce Kurniawan seusai melaksanakan pertemuan dan diskusi bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis, Jum’at (24/01/2020).

“Walaupun di kabupaten ciamis tidak melaksanakan pemilihan, namun kami tetap bekerja ekstra melaksanakan sosialisasi, mengajak semua pihak dan stakeholder untuk sama-sama mengawal demokrasi memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, dan pada kesempatan ini kami bersilaturahmi, sharing – diskusi dengan DPMD Kabupaten Ciamis” Papar Uce

Pada pertemuan tersebut, Uce menambahkan, pihaknya menyampaikan tentang pentingnya pendidikan politik dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam berdemokrasi.

“Bersama pak Kadis H. Lily Romli dan pak Sekdis Dian Budiyana, kami sharing bersama, bahwa Pendidikan politik bagi masyarakat harus dilakukan sedini mungkin, dan kami bisa melaksanakannya dengan lebih fokus karena tak ada pemilihan, hal ini bertujuan untuk terus meningkatkan partisipasi masyarakat serta kualitas demokrasi pada pemilu maupun pilkada mendatang” Tambahnya.

Uce juga menegaskan, Bawaslu memiliki tanggung jawab dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

“Bawaslu memiliki tanggung jawab menjalankan demokrasi, bersama memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Bentuk sosialisasi yang dilakukan salah satunya mengenai regulasi, pendidikan antipolitik uang, dan pendidikan pengawasan partisipatif” tegasnya

Demi terwujudnya kualitas demokrasi, kerjasama semua pihak dan seluruh masyarakat harus tetap di bangun.

“Ini yang harus kita bangun. Menjaga kualitas demokrasi agar Pengawas Pemilu selalu menjadi harapan masyarakat bagi perwujudan demokrasi” Pungkasnya (Hen)

Artikulli paraprakTim Alfaz Layangkan Gugatan Hasil Mukab Kadin Ke Pengadilan
Artikulli tjetërRegenerasi Kepemimpinan, Fahri Nahkodai HMI Komisariat STISIP WPM Sukabumi