Sumiati (60) Pahlawan Kecil di Kota Banjar Pembawa Harapan di Tengah Keterbatasan. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Di tengah gemuruh kehidupan di Kota Banjar, Jawa Barat, di Cimanggu, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman terdapat seorang wanita tegar bernama Sumiati.

Ia merupakan seorang wanita pekerja keras berusia 60 tahun, menjadi sosok yang tidak pernah kenal lelah.

Setiap hari, dia berkeliling menjajakan beragam hasil produk UMKM, menjalankan peran sebagai tulang punggung keluarga dengan gigih.

“Setiap hari, saya berjuang demi kehidupan, untuk menghidupi keluarga dan menyembuhkan adikku yang terkena stroke,” kata Sumiati kepada pasundannews.com, Jumat (1/3/2024).

Sumiati tidak hanya berdagang untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk membantu teman-temannya dengan mengambil barang dagangan dari mereka.

Dengan keuntungan seribu per produk yang terjual, dia berhasil bertahan meski harus berhadapan dengan hujan dan teriknya matahari setiap harinya.

Namun, di balik kesibukannya sebagai pedagang keliling, Sumiati juga menyempatkan waktu untuk merawat adiknya yang terkena stroke.

Meski lama mengalami penyakit tersebut, Sumiati tidak pernah kehilangan harapan akan kesembuhan adiknya.

“Saya harus kuat, tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk adikku,” ujarnya sambil meneteskan air mata.

Meski telah menjadi janda, Sumiati tidak pernah mengharapkan bantuan dari siapapun. Dia tetap tegar dan mandiri dalam menjalani hidupnya, menjadi contoh nyata tentang kekuatan dan ketabahan di tengah keterbatasan.

Dengan tekad dan semangatnya yang luar biasa, Sumiati menjadi pahlawan kecil bagi keluarganya dan juga sumber inspirasi bagi banyak orang di sekitarnya. Meski hidupnya penuh dengan rintangan, dia tetap memancarkan sinar harapan bagi mereka yang mengenalnya. (Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakHMI Ciamis Pertanyakan Ketegasan Pemda terkait Juru Parkir Berlangganan yang Tak Mendapat Upah
Artikulli tjetërTerungkap, Kisah Tragis Dibalik Pembunuhan Indriana Dewi Eka Saputri