Beranda Ciamis Solusi Pendidikan Berbasis Teknologi, PKBM Galuh Hidayah Ciamis Gelar Webinar

Solusi Pendidikan Berbasis Teknologi, PKBM Galuh Hidayah Ciamis Gelar Webinar

Foto/Dok.Pasundannews.com
BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Galuh Hidayah Ciamis menggelar kegiatan Webinar Peningkatan Kompetensi Guru Berbasis STEAM, yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Ciamis, Rabu (12/8/2020).
Ketua PKBM Galuh Hidayah Ciakis, Ius Yusmiati mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakannya webinar ini adalah untuk mengenalkan pendidikan dimasa depan, mengingat dalam menghadapi revolusi industri 4.0 pembelajaran dilaksanakan dengan berbasis teknologi.
“Dalam revolusi industri 4.0, pembelajaran kebanyakan dilakasanakan berbasis teknologi. Sehingga guru dan para pengajar diharapkan mampu menerapkan pembelajaran disemua jenjang dengan mengikuti arah perkembangan kemajuan dunia,” katanya.
Ius menjelaskan, STEAM adalah kepanjangan dari Science Technology Engineering Art Mathemactic, yang merupakan solusi dari tantangan pendidikan di era globalisasi yang mengedepankan pasar bebas.
“Dimana setiap manusia di dunia bisa bersaing berdasarkan kompetensi yang dimilikinya. Maka dari itu, webinar pendidikan ini, yang pertama kali diadakan di Indonesia. Sinergis dengan visi dan misi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nadiem Makarim,” jelasnya.
Adapun narasumber dalam kegiatan webinar ini merupakan para ahli dan praktisi pembelajaran STEAM dari Jakarta yakni, Erwin Octavia Praktisi Pendidikan STEAM, Rachel Gabriela Trainer Pendidikan STEAM Tingkat Dasar dan Mikael Timotius Trainer Pendidikan STEAM Tingkat Atas.
Selain itu, tambah Ius, webinar ini juga merupakan jawaban dari proses pergeseran budaya belajar yang pada awalnya berasal dari pola konvensional menjadi pola modern.
“Penerapan metode pembelajaran berbasis project dengan peran aktif siswa yang harus mampu menyelesaikan masalah dengan pola kolaborasi dan elaborasi untuk memadukan berbagai metode pembelajaran. Kurikulum pembelajaran STEAM ini dapat diterapkan oleh Pemerintah Ciamis dalam kebijakan pelaksanaan pendidikan,” pungkasnya. (Ferry/Pasundannews.com)