Salah satu anggota pemadam kebakaran Kota Banjar saat mengedukasi bencana Kebakaran kepada para siswa dari sekolah MA Al Amin, Puloerang, Lakbok, Kabupaten Ciamis, Sabtu (10/2/2024). Foto/Hermanto.PaaundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Siswa dan siswi dari Sekolah MA Al Amin Puloerang, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, melakukan kunjungan ke UPTD Damkar Kota Banjar, Jawa Barat, Sabtu (10/2/2024). Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengedukasi diri mereka tentang mitigasi bencana kebakaran.

Dalam kunjungan ini, sebanyak 110 peserta hadir dan didampingi oleh 6 orang pembimbing, yang merupakan guru dari sekolah tersebut.

Kepala Sekolah MA Al Amin Puloerang, H. Asep Ismail, menjelaskan bahwa tujuan dari kunjungan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa-siswi tentang pentingnya mitigasi bencana kebakaran.

“Melalui kunjungan ini kami harap dapat memberikan pengetahuan yang berharga kepada siswa-siswi kami tentang cara menghadapi dan mencegah bencana kebakaran,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Damkar Kota Banjar, Aam Amijaya, menyatakan siap untuk membimbing siswa-siswi dari sekolah tersebut.

Ia juga menegaskan pentingnya upaya kolaborasi antara pemadam kebakaran dan sekolah dalam meningkatkan kesadaran akan mitigasi bencana kebakaran.

“Ini memang harus dilakukan agar generasi muda memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana bertindak dalam situasi darurat seperti kebakaran,” kata Aam.

Kunjungan ini tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis kepada siswa-siswi, tetapi juga pengalaman praktis dalam menghadapi situasi kebakaran.

Para peserta diajak untuk mengikuti sesi simulasi evakuasi darurat dan pembelajaran langsung tentang penggunaan alat pemadam api.

“Kami berharap kunjungan ini dapat meningkatkan kesadaran siswa-siswi kami tentang betapa pentingnya persiapan dan reaksi cepat dalam menghadapi bencana kebakaran,” tambahnya.

Dengan adanya kolaborasi antara sekolah dan UPTD Pemadam Kebakaran, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang lebih aman dan siap menghadapi ancaman bencana kebakaran di masa depan.

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung upaya-upaya seperti ini dalam meningkatkan kesadaran dan kesiapan masyarakat terhadap bencana,” tutup Aam Amijaya. (Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakRelawan Rumah Bersama Prabowo-Iwan Bule Kota Banjar Patuhi Aturan, Cabut APK Pasca Masa Kampanye
Artikulli tjetërSanggar Ceria Tampil Memukau dalam Pembukaan Apel Siaga Jelang Masa Tenang Pemilu di Kota Banjar