Istimewa

BERITA OLAHRAGA, PASUNDANNEWS.COM – Pertandingan dramatis tersaji pada babak final Piala Afrika 2021 yang mempertemukan antara Senegal vs Mesir.

Senegal berhasil keluar menjadi juara untuk pertama kalinya lewat drama adu penalti setelah laga berakhir 0-0 dalam durasi waktu 120 menit.

Pada babak pertama laga Senegal mendapat hadiah penalti setelah Mohamed Abdelmonem melanggar Sallou Ciss di kotak terlarang pertahanan Mesir.

Namun kiper Gabaski yang memang sedang on fire secara luar biasa berhasil menghalau tendangan penalti Sadio Mane.

Jalannya pertandingan, Senegal mendominasi dalam 20 menit pertama. Namun tak berhasil membahayakan gawang Gabaski.

Pada menit ke 28, Mohamed Salah meliuk-liuk melewati tiga pemain belakang Mesir namun tendangannya berhasil kuasai dengan mudah oleh Edouard Mendy.

Mohamed Salah kembali mendapat peluang yang kini lebih berbahaya mengarah ke gawang, namun Edouard Mendy berhasil menepisnya.

Babak pertama pun berakhir dengan skor kacamata 0-0. Pada babak kedua tak ada peluang bagus bagi kedua tim.

Mesir baru memiliki peluang pada menit ke 68 melalui sundulan Mohamed Abdelmonem yang berhasil memanfaatkan tendangan lambung akan tetapi masih melebar.

Kemudian pada menit ke 74, pemain pengganti Mesir, Marwan Hamdy juga memiliki peluang lewat sundulan yang juga melebar.

Laga tetap bertahan 0-0 sampai peluit babak kedua ditiup. Laga pun dilanjutkan ke babak tambahan.

Pada awal babak tambahan, Ahmadou Bamba Dieng menciptakan peluang emas setelah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Mesir, Gabaski, namun sang kiper berhasil menepis bola.

Gabaski kembali mendapat peluang pada menit ke 99, kali ini lewat sundulan, namun kiper Zamalek itu berhasil menyelamatkan gawangnya.

Selanjutnya, giliran Mendy yang unjuk gigi, tendangan keras Zizo berhasil dia tepis dengan brilian. Laga pun berakhir 0-0 dan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Senegal Juara Piala Afrika Pertamakali

Penendang pertama kedua tim, Kalidou Koulibaly dan Zizo berhasil melakukan tugasnya dengan sempurna, skor 1-1.

Penendang kedua, Abdou Diallo berhasil menjebol gawang. Namun Mohamed Abdelmoneim gagal mengeksekusi penalti karena tendangannya membentur tiang gawang, kedudukan 2-1.

Penendang ketiga Senegal, Bouna Sarr pun gagal setelah tendangannya berhasil Gabaski tepis. Sedangkan Marwan Hamdy berhasil menuntaskan tugasnya, skor menjadi 2-2.

Penendang keempat, Ahmadou Bamba Dieng berhasil mencetak gol penalti, sedangkan penendang Mesir, Mostafa Lasheen gagal menjalankan tugasnya dengan baik.

Tendangan Lasheen yang kurang sempurna berhasil ditepis oleh Mendy, skor pun menjadi 3-2.

Penendang terakhir, Sadio Mane berhasil mengeksekusi penalti dan membawa Timnas Senegal menjuarai Piala Afrika untuk pertama kalinya dalam sepanjang sejarah perhelatan sepak bola di benua Afrika. (M Suhud Fadillah/PasundanNews.com).

Artikulli paraprakIni Pesan Bunda PAUD di Acara Gebyar PAUD Kabupaten Ciamis Tahun 2022
Artikulli tjetërLaga Pekan ke-24 Liga Inggris, Tottenham Takluk dari Southampton di Kandang Sendiri