Poto: Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri Panen Buah Naga Kelompok Tani Abadi di Desa Cilangkap, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (11/4/2021). (Foto: Aji/Biro Adpim Jabar)

Tasikmalaya, Pasundannews.com – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, potensi sektor pertanian di Jabar sangat besar. Pertanian pun menjadi salah satu sektor yang mampu bertahan di tengah pandemi COVID-19.

Hal itu di katakan Uu sapaan Wagub Jabar saat menghadiri Panen Buah Naga hasil pertanian Kelompok Tani Abadi di Desa Cilangkap, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (11/4).

“Saat sektor lain jatuh (saat pandemi), sektor pertanian justru naik. Ini menunjukkan tangguhnya sektor ini di Jabar,” kata Pak Uu.

Selain itu, Uu mendorong petani di Jabar untuk berinovasi dan memanfaatkan teknologi guna meningkatkan produktivitas, seperti yang di lakukan Kelompok Tani Abadi yang menggunakan teknologi ultraviolet.

“Hari ini melaksanakan panen perdana buah naga. Informasi yang kami terima, hari ini buah naga biasanya panen satu tahun satu kali. Sekarang dengan teknologi petani ini bisa mencapai 4 kali dalam jangka setahun. Berarti 4 kali lipat pendapatannya,” ucapnya.

“Bahwa dengan teknologi dan manajemen yang baik bisa meningkatkan hasil produksi pertanian,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jabar Dadan Hidayat mengatakan, komoditas buah naga harus di tingkatkan di Jabar.

Selain Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Sumedang menjadi daerah penghasil buah naga. Dalam satu kali panen, buah naga yang di hasilkan mencapai 71 ton.

“Dan juga buah naga dapat memotivasi anak-anak muda untuk terjun ke dunia pertanian khususnya, holtikultura,” kata Dadan.

Dadan pun mengapreasiasi Kelompok Tani Abadi yang mampu berinovasi dengan teknologi ultraviolet, dan menghasilkan panen buah naga sampai 3-4 kali panen dalam satu tahun.

“Alhamdulillah dengan teknologi ini, dengan menggunakan ultraviolet, ternyata kontinuitas bisa terjaga,” ucapnya.

Artikulli paraprakProgram Pendataan Keluarga 2021, DP2KBP3A Ciamis Libatkan 3.267 Kader
Artikulli tjetërSekda Jabar: Ada 8.797 Usulan Kegiatan dalam Musrenbang 2021