Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Sebanyak 163 CPNS mengikuti pelatihan dasar (latsar) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis Tahun 2022.

Pada kesempatan itu, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya secara resmi membuka acara tersebut yang bertempat di Aula BKPSDM Ciamis, Rabu (3/8/2022).

Untuk diketahui, jumlah 163 CPNS terdiri dari 70 orang CPNS golongan II dan 93 orang CPNS golongan III.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menegaskan, bahwa tujuan utama dari ASN adalah untuk melayani, mengabdi kepada masyarakat dan bukan untuk memperkaya diri sendiri.

“Kalau ingin kaya jangan jadi ASN, tapi jadilah pengusaha, pedagang, jangan ingin kaya dari ASN,” tegasnya.

Ia berharap para CPNS yang mengikuti pelatihan benar-benar mempunyai niat yang tulus untuk melayani masyarakat.

Sehingga dapat menjadi ASN yang profesional dan bermartabat.

“ASN dituntut untuk menjadi pelayan masyarakat oleh karenanya ASN wajib mempunyai integritas, profesional, bermartabat dan mempunyai harga diri,” ucapnya.

Herdiat juga berharap dengan latsar ini dapat menciptakan para ASN Ciamis yang tidak hanya kompeten tetapi juga mempunyai attitude dan akhlak yang mulia.

Selanjutnya, ia menyampaikan bahwa pelaksanaan Latsar CPNS tahun ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan secara keseluruhan.

Hal tersebut mengingat kondisi pandemi Covid-19 di Kabupaten Ciamis saat ini masih berada di level 1.

“Tahun ini merupakan diklat pertama yang dilakukan secara keseluruhan, karena pandeminya sudah landai dan berada di level 1 serta tidak ada yang terkonfirmasi, mudah-mudahan bisa bertahan terus,” harapnya.

Sementara itu Plt kepala BKPSDM Kabupaten Ciamis Ai Rusli Suargi mengatakan tujuan kegiatan pelatihan dasar CPNS ini untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi.

“Kompetensi yang dikembangkan dalam pelatihan dasar CPNS ini merupakan kompetensi pembentukan karakter PNS yang profesional sesuai dengan bidang dan tugasnya masing-masing, ” ucap Ai.

Ia melaporkan untuk kegiatannya sendiri dilaksanakan mulai tanggal 9 Mei 2022 sampai dengan tanggal 8 September 2022.

“Untuk narasumber berasal dari BPSDM Provinsi Jawa Barat, BKPSDM Ciamis dan para pejabat di Lingkungan Pemkab Ciamis,” tutupnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaAkibat Pergerakan Tanah, 15 Rumah Warga di Cikoneng Ciamis Retak
Artikel berikutnyaAwal Bulan Imunisasi, BIAN dan Vaksinasi Booster Digelar