Foto/Istimewa

CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Menipisnya persediaan darah di masa pandemi Covid-19 menjadi keprihatinan sejumlah pihak. Aksi sosial untuk membantu sesama dengan donor pun dilakukan.

Seperti yang dilakukan SDM PKH Kabupaten Ciamis. Melalui tim kesehatan yang dibentuk PPKH Ciamis, mereka menggelar donor darah langsung di sekretariat Palang Merah Indonesia (PMI) Ciamis, Jum’at (29/1/2020).

Koordinator PPKH Kabupaten Ciamis, Indra Maulana, M.M, mengatakan, pihaknya sengaja membentuk Tim Kesehatan SDM PKH sebagai upaya dalam melakukan kegiatan partisipatif di bidang kesehatan.

“Selain donor darah secara langsung, tim kesehatan ini juga melakukan sosialisasi, ajakan kepada KPM PKH dan masyarakat untuk sama-sama membantu PMI dalam meningkatkan ketersediaan darah, apalagi dimasa pandemi saat ini,” ujarnya.

Menurutnya, meski ditengah pandemi Covid-19, kebutuhan darah pasti ada untuk berbagai terapi penyakit, seperti pasien yang membutuhkan darah secara rutin.

“Misalnya saja yang membutuhkan darah secara rutin itu pasien thalasemi, hingga yang tidak rutin, seperti pasien demam berdarah, kecelakaan dan ibu melahirkan,” katanya.

Indra berharap, dengan adanya Tim Kesehatan SDM PKH bisa membantu PMI dalam memberikan edukasi mengajak masyarakat agar bisa menyumbangkan darahnya secara rutin, sehingga ketersediaan darah di Ciamis bisa mencukupi.

Sementara itu, perwakilan PMI Kabupaten Ciamis, H Tete mengucapkan terimakasih kepada SDM PKH Ciamis yang telah membantu dalam meningkatkan ketersediaan darah meski ditengah pandemi Covid-19.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada PKH Ciamis yang telah berpartisipasi aktif dalam melakukan donor darah, membantu stok ketersediaan darah di PMI” ucap H. Tete.

Artikulli paraprakBupati Ciamis Lantik 397 Pejabat Secara Terpisah di Tiga Tempat
Artikulli tjetërPajak Pulsa, Kartu Perdana, Token Listrik, dan Voucer Mulai Berlaku 1 Februari