BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Saung Abah Apud Ciamis sempat viral di media sosial.

Pasalnya, destinasi wisata bagi anak-anak tersebut memberikan nilai inovasi dan edukasi bagi para orang tua agar tak membiarkan anaknya terus bermain gadget.

Menjelang libur Ramadhan, sobat Pasundan bisa memiliki alternatif liburan ke tempat rekreasi menarik.

Kali ini, terdapat rekomendasi tempat liburan untuk para pengunjung lokal maupun luar Ciamis bagi para keluarga. Yaitu, Saung Abah Apud, letaknya berada di Sindangkasih, Ciamis.

Dengan dikelilingi pemandangan yang asri, Saung Abah Apud menyajikan wahana bermain dan tempat edukasi bagi anak, cocok untuk anda dan keluarga.

Saung Abah Apud mempunyai fasilitas menarik, seperti kebun binatang mini, kolam renang, dan restoran.

Koleksi hewwan di Saung Abah Apud di antaranya adalah, domba merino, aneka reptil seperti iguana, biawak dan buaya, aneka burung, kelinci dan ikan.

Tidak hanya sekedar menonton saja, kita bisa berinteraksi dengan hewan-hewan di sana.

Ada juga bangunan-bangunan menarik yang dikelilingi pemandangan hijau di sekitarnya yang cocok jadi spot foto untuk unggahan instagram.

Tempat ini cocok untuk anda yang hendak melepas penat selama hari kerja dan ingin menikmati waktu bersama keluarga.

Anda bisa makan bersama, bermain air, berfoto bersama dan belajar tentang hewan-hewan yang ada di sana.

Selain itu, tempat ini juga sering dikunjungi oleh anak-anak sekolah pendidikan usia dini untuk pembelajaran di luar kelas.

Rute Menuju Saung Abah Apud

Saung Abah Apud mudah ditemukan, karena terletak di jalur strategis yag bisa dilalui semua kendaraan umum.

Jadi jangan takut tersesat. Harga masuknya juga terjangkau, anda cukup mengeluarkan uang Rp 5 ribu saja sudah bisa masuk ke Saung Abah Apud dan mendapatkan bonus pakan untuk hewan.

Dalam era teknologi yang semakin canggih, keberadaan Saung Abah Apud menunjukkan upaya nyata untuk mengatasi dampak negatifnya.

Cecep Muhammad Syehabudin, pengelola Saung Abah Apud mengungkapkan keprihatinannya terhadap fenomena di mana anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya di depan layar smartphone, mengurangi aktivitas fisik dan bermain di luar rumah.

“Sekarang anak-anak ‘ngoprek wae hape’ dari pagi sampai sore. Jadi tempat wisata ini sebagai upaya bagaimana caranya agar anak tidak ‘tungkul’ (tunduk) terus ke hape, supaya ada kegiatan,” ujar Cecep.

Cecep menceritakan bahwa awalnya, Saung Abah Apud hanya dimulai dengan memiliki dua domba Merino dan beberapa binatang lainnya.

Awalnya, tempat ini ditujukan untuk anak-anak PAUD dan TK di wilayah Sindangkasih. Namun, respon positif dari masyarakat membuatnya memutuskan untuk membukanya untuk umum.

“Sekarang dari mana-mana mulai berdatangan. Jadi saya perbesar lokasinya ditambah beberapa saung-saung dan spot selfie,” katanya.

Cecep berharap keberadaan Saung Abah Apud ini bisa memberikan manfaat dan edukasi bagi anak-anak.

Ia pun berharap adanya dukungan dari pemerintah setempat untuk sama-sama membangun kebun binatang mini ini.

Apakah anda sudah memutuskan untuk berlibur di Saung Abah Apud? Ayo berlibur menjelang Ramadhan. (Fajri Syawal/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakWisata di Ciamis, Nikmati Camping dengan Suasana Sejuk dan Pemandangan Indah di Bukit Sampalan Asri
Artikulli tjetërJaDI Kota Banjar Membangun Masa Depan Demokrasi Bersama Anak Muda