Maket Taman Tematik Tempat Bersejarah di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Sarana Maket taman tematik tempat bersejarah di Kabupaten Ciamis merupakan fasilitas baru Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis.

Untuk diketahui, maket adalah bentuk tiruan dalam tiga dimensi dan berskala kecil.

Maket berguna untuk menampilkan gambaran visual mengenai bangunan atau area yang dimaksud dengan skala yang tepat, tanpa perlu mengamati langsung objek aslinya.

Dalam hal ini, miniatur taman tematik bersejarah itu terkait dengan peninggalan Kerajaan Galuh.

Terutama yang menampilkan Situs Ciung Wanara, Astana Gede, Situ Lengkong Panjalu, Alun-alun dan Masjid Agung itu sebagai sarana edukasi kepada para pengunjung perpustakaan.

Pantauan PasundanNews.com, Jum’at (12/8/2022), miniatur tersebut sebagai sarana edukasi kepada para pengunjung perpustakaan.

Oleh karena itu, taman miniatur dibuat hampir sama persis seperti aslinya.

Sekretaris Dinas Perpustakaan Ciamis, Endang Sukirman mengatakan, taman miniatur ini baru diperkenalkan kepada pengunjung sejak awal bulan Januari lalu.

“Taman ini memang baru selesai dibuat, dan nanti kedepannya akan ada penambahan lagi seperti audio dan keterangan bergambar di setiap lokasinya,” katanya.

Endang melanjutkan, dibuatnya Taman tematik ini sebagai upaya memberikan edukasi kepada pengunjung.

Karena, menurutnya, perpustakaan bukan hanya tempat membaca saja. Tapi juga memberikan edukasi seperti halnya melalui taman tematik miniatur tempat bersejarah di Ciamis.

“Jadi kami memberikan edukasi apabila ada pengunjung yang belum pernah mengunjungi tempat bersejarah di Ciamis. Karena taman tematik ini dibuat hampir menyerupai yang aslinya,” jelasnya.

Endang menambahkan, selain adanya Taman Tematik miniatur tempat bersejarah.

Dinas Perpustakaan Ciamis juga mempunyai taman bermain anak, taman baca luar angkasa serta bioskop 3D.

“Selain itu juga disini terdapat beberapa fasilitas lainnya, diantaranya bioskop 3D, taman bermain untuk anak-anak, dan taman baca luar angkasa serta fasilitas lainnya” terangnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaSosialisasikan Sampah Agar Bernilai Guna, Mahasiswa KKN Unigal Ciamis Ajak Masyarakat Sindangsari Bentuk Bank Sampah
Artikel berikutnyaBADKO HMI Jabar Silaturahmi ke DUBES Ukraina-Indonesia, Dorong Pembentukan HMI Cabang Ukraina