Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat meninjau jalan Entrong - Kalijat, Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meninjau Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis pada Minggu (17/12/2023.

Turut mendampingi Kepala Dinas PUPR Ciamis beserta rombongan dan Kepala Desa Pasawahan, Kecamatan Banjaranyar yang langsung meninjau ruas jalan Entrong-Kalijati.

Menanggapi hal ini, masyarakat Kecamatan Banjaranyar, tepatnya warga Desa Langkapsari dan Pasawahan turut gembira lantaran akan laksanakan pembangunan lanjutan ruas jalan Entrong – Kalijati yang akan dibangun di awal tahun 2024 nanti.

Bupati Ciamis dalam kesempatan tersebut bukan hanya meninjau jalan saja, melainkan juga melihat Jembatan Ciwadas Dawa yang rencananya akan dibangun di pertengahan tahun 2024.

Pada kesempatan itu, pihaknya turut memastikan pembangunan lanjutan ruas jalan Entrong – Kalijati bisa dikerjakan di awal tahun 2024 nanti.

“Insya Allah kami akan menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus dari pusat untuk menyelesaikan pembangunan jalan ini,” katanya.

Jalan Entrong-Kalijati sebagai Akses Perekonomian

Jalan Entrong-Kalijati, tambah Herdiat, merupakan salah satu akses vital warga dalam menjalankan roda perekonomian.

Apalagi mengingat jalan itu termasuk jalan perbatasan menuju Kabupaten Pangandaran.

“Setelah turun ke lokasi, memang jalan nya sudah rusak parah, apalagi medan di sekitar lokasi sangat curam, dan juga berbahaya. Maka dari itu sangat perlu sekali jalan ini untuk segera dibangun,” terangnya.

Herdiat menuturkan, rencananya pembangunan jalan tersebut akan dikerjakan menggunakan anggaran lebih dari Rp 20 Milyar dengan sumber anggaran dari APBN.

“Nantinya anggaran tersebut akan digunakan untuk pembangunan jalan sepanjang 8 km dengan lebar jalan 5,5 meter,” ucapnya.

Ia menyebutkan, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk nantinya bersama-sama memantau pekerjaan jalan tersebut, jika jalan itu sudah dimulai pekerjaannya.

“Saya harap nanti ketika jalan ini sudah selesai dibangun, roda perekonomian masyarakat bisa lebih maju lagi, karena kita sadar, infrastuktur merupakan salah satu penunjang lancarnya perekonomian masyarakat,” papar Herdiat.

Maka dari itu, ujarnya, Pemda Ciamis akan berupaya secara maksimal untuk mencari anggaran, baik itu dari Provinsi, maupun dari pusat.

“Alhamdulillah atas kerja sama semua nya jalan Entrong – Kalijati bisa dibangun tahun depan,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Pasawahan Maman pun berharap dengan turunnya Bupati Ciamis melihat langsung kondisi Jalan tersebut bisa membawa angin segar bagi masyarakat yang sudah puluhan mengharapkan perbaikan.

“Saya tadi sudah dengar dari pak Bupati bahwa di awal tahun 2024 pembangunan Jalan Entrong – Kalijati akan segera di mulai,” ungkapny.

“Semoga ini bisa menjadi kenyataan bukan hanya sekedar meninjau saja tapi bisa secepatnya direalisasikan,” tandasnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakNataru tahun 2023, Pemda Pangandaran Gelar Rakor Persiapan
Artikulli tjetërUnik, Bupati Herdiat Memandu Langsung Laju Rombongan Mobil saat Melewati Jalar Terjal di Banjaranyar Ciamis