Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ciamis, Eka Oktaviana saat melakukan monitoring penyaluran bantuan beras bagi warga di Kelurahan Benteng Kecamatan Ciamis. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dalam rangka membantu KPM (Keluarga Penerima Manfaat) atasi krisis pangan dan gizi, Dinas Sosial Ciamis serahkan bantuan beras untuk masyarakat.

Bantuan tersebut serahkan kepada sekitar 199.757 ribu warga Ciamis melalui Program Badan Pangan Nasional (Bapanas) Tahun 2023.

“Selain krisis pangan, juga untuk melindungi produsen dan konsumen dari dampak fluktuasi harga dalam rangka pengendalian inflasi,” ujar Kepala Dinas Sosial Ciamis, Eka Oktaviana, Kamis (27/4/2023).

Eka menjelaskan, Bapanas sendiri menyalurkan bantuan untuk satu orang KPM sebesar 10 kg dengan kualitas beras medium.

Bantuan tersebut salurkan langsung oleh Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) melalui PT. Pos Indonesia.

Dalam pelaksanaannya, pihaknya pun bersama dinas terkait dan PT POS Indonesia melakukan monitoring untuk memastikan penyaluran bantuan berjalan lancar.

“Kita juga melibatkan unsur pemerintahan kecamatan, desa dan pendamping sosial untuk memastikan penyaluran bantuan berjalan dengan lancar,” terangnya.

Untuk Kabupaten Ciamis, kata Eka, melalui program Bapanas mendapatkan sekitar 1.997,57 ton beras.

Adapun jumlah penerima bantuan sebanyak 199.757 warga Kabupaten Ciamis yang tersebar di 27 Kecamatan.

“Sebagaimana instruksi Pak Bupati Ciamis, diupayakan beras yang KPM terima sesuai dengan standar yang telah tetapkan serta penyalurannya juga sesuai dengan jadwal yang telah sepakati,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk satu bulannya, bantuan diberikan sebanyak 10 Kg/per KPM.

Sehingga per satu KPM akan mendapatkan bantuan beras sebanyak 30Kg/gram beras.

“Semoga bantuan yang diterima para KPM bisa bermanfaat dan penyalurannya bisa berjalan dengan lancar,” tandasnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakDPC Demokrat Ciamis Adakan Uji Kompetensi Bacaleg
Artikulli tjetërPemuda Sinargalih Kolaborasi bersama Karang Taruna Bantarujeg Bersihkan Tumpukan Sampah