Gedung baru Puskesmas Ciamis berlokas di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Gedung Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) Kecamatan Ciamis telah rampung dibangun.

Hal itu ditandai dengan acara grand opening atau peresmian gedung baru oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, Jumat (27/1/2023).

Proses pembangunan yang mulai sejak Juni 2022 tersebut menelan anggaran sebesar Rp 6,6 Miliar.

Kepala Dinas Kesehatan Ciamis, Yoyo mengatakan, anggaran pembangunan Puskesmas tersebut bersumber dari bantuan keuangan Provinsi Jawa Barat tahun 2022.

“Bersumber dari bantuan keuangan (Bankeu) Provinsi Jawa Barat sebesar Rp 6.698.868.000,” kata dr Yoyo.

dr Yoyo menyebutkan, bangunan tersebut berdiri diatas lahan seluas 4.630 meter persegi dengan bangunan dua lantai seluas 1.600 meter persegi.

Adapun jumlah SDM pada Puskesmas tersebut sebanyak 81 orang dengan status PNS dan Non-PNS.

Gedung baru yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Sindangrasa itu pun memiliki beberapa fasilitas kesehatan refresentatif.

Seperti layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), ruang persalinan normal hingga instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) yang refresentatif.

“Selain itu juga tersedia lahan parkir yang cukup luas, sehingga memudahkan masyarakat saat datang ke Puskesmaa Ciamis,” teragnya.

dr Yoyo menerangkan, puskesmas merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama dalam berikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, puskesmas juga bertugas melaksanakan program-program kesehatan masyarakat lainnya.

Ia pun berharap dengan adanya gedung baru ini dapat lebih meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Memberikan kemudahan dan kenyamanan layanan kesehatan bagi masyarakat wilayah Kecamatan Ciamis dan sekitarnya” ucapnya.

Bidang Kesehatan Menjadi Prioritas Utama Pemerintah

Semetara itu, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menyebutkan, selain pendidkan, bidang kesehatan juga menjadi prioritas utama pemerintah.

“Puskesmas adalah pusat layanan yang langsung berhadapan dengan masyarakat, untuk itu Pemda wajib memprioritaskan-nya,” jelasnya.

Menurut Herdiat, kesehatan dan pendidikan merupakan dua hal yang wajib oleh pemerintah prioritaskan.

Oleh karena itu, gedung baru Puskesmas Ciamis merupakan wujud komitmen Pemkab dalam meingkatkan pelayanan kesehatan masyarakar.

Sehingga harapannya berdampak pada kualitas kesehatan masyarakat yang juga turut meningkat.

Herdiat juga menyebutkan, pada tahun 2023 ini pihaknya akan membangun Puskesmas serupa untuk wilayah Kecamatan Panjalu dan Cisaga.

“Mudah-mudahan pembangunannya bisa segera terlaksana, agar pelayanan pun bisa lebih cepat,” tandasnya. (Hendri/PasundanNews.com).

Artikulli paraprakRutin Gelar Jumat Curhat, Kapolsek Bantarujeg Silaturahmi ke PonPes Quran Al Hidayah Wadowetan
Artikulli tjetërDiduga Ada Kecuragan Rekrutmen Tenaga Ad Hoc, Ketua KPU Ciamis Dilaporkan ke Bawaslu