PWI Ciamis bersama organisasi jurnalis lainnya menggelar aksi solidaritas di Alun-alun Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ciamis bersama organisasi jurnalis lainnya PFI dan IJTI Ciamis menggelar aksi solidaritas di Alun-alun Ciamis, Kamis (20/5/2021).

Mereka mengutuk keras atas kekerasan yang dilakukan tentara Israel terhadap jurnalis dan serangan bom ke sejumlah kantor media di Palestina.

Puluhan masa akasi berjalan kaki mulai dari jalan Kaum menuju Alun-alun Ciamis sambil membawa satu huruf bertuliskan ‘Save Journalist’.

Selanjutnya para jurnalis Ciamis melakukan tabur bunga di atas kamera dan Id Cart dari masing-masing media di jalan kawasan Alun-alun Ciamis.

Koordinator aksi, Rizal Nurdiana menyebut, aksi ini sebagai bentuk kecaman kepada Israil yang melakukan serangan bom ke ke sejumlah kantor media di Palestina.

“Aksi ini sebagai bentuk solidaritas kepada jurnalis yang berada di Palestina. Mengutuk keras zionis Israel atas kekerasan terhadap jurnalis, media dan warga sipil di Palestina” ucapnya.

Ia menilai, serangan tersebut sebagai upaya pembungkaman dan sensor terhadap pemberitaan di area konflik Israel-Palestina.

Pembungkaman media dengan kekerasan adalah tindak kejahatan yang harus pertanggung jawabkan kepada mahkamah internasional.

Pihaknya mendesak PBB dan lembaga internasional untuk mengambil langkah perdamaian antar kedua belah pihak yang bertikai.

“Selain itu juga kami meminta perlindungan penuh bagi jurnalis dan media yang bekerja di negara konflik kepada PBB,” ucapnya.

Para Jurnalis Ciamis juga meminta kepada Pemerintah Indonesia supaya ikut aktif mendamaikan konflik Israel-Palestina.

Kemudian meminta pemerintah Indonesia turut aktif menghentikan kekerasan terhadap jurnalis dan warga sipil Palestina.

“Mengajak kepada organisasi dan komunitas internasional untuk bersama melakukan langkah aktif serta solidaritas terhadap jurnalis” jelasnya.

Artikulli paraprakPemkot Bandung Minta Dukungan Kemenparekraf, Kembangkan Pariwisata dan Industri Kreatif
Artikulli tjetërNikmati Udara Sejuk Air Terjun di Curug Angin dan Curug Tujuh Sukahurip Ciamis