Mobil Clinic Pusat Zakat Umat di perbatasan Suriah dan Yordania. (Foto: PZU)

PASUNDANNEWS.COM, BANDUNG – Sejak tahun 2019 sampai sekarang, Pusat Zakat Umat (PZU) konsisten membantu pengungsi Suriah dan Yordania. Bantuan tesebut dengan mengirim mobil clinic ke daerah perbatasan.

Relawan Kemanusiaan Tim Peduli Pengungsi Palestina dan Suriah, Milky Rizal Ansari mengatakan bahwa sampai saat ini kondisi di Suriah masih belum stabil.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, kondisi musim dingin di Yordania saat ini mencapai  -12°C. Hal tersebut membuat pengungsi Palestina dan Suriah memerlukan bantuan kesehatan, karenakan kondisi kesehatan yang menurun dan sangat membutuhkan fasilitas kesehatan.

“Mereka tinggal dipadang pasir/gurun demi berdekatan dengan tempat mereka bekerja untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dimusim dingin mereka hanya bisa bekerja selama 2 jam perhari diperkebunan milik orang Yordania,” ucap Milky di Bandung, Jum’at (21/2/2020).

Oleh karena itu, ucap dia, PZU mengirimkan bantuan berupa mobil clinic untuk melayani kondisi kesahatan para pengunsi terutama di perbatasan Suriah dan Yordania.

“Alhamdulillah, hadirnya Mobile Clinic bisa melayani kebutuhan kesehatan saudara kita yang sedang mengungsi di Yordania. Terlebih, mereka tidak punya akses layanan kesehatan gratis. Dan, akses dari tempat pengungsian menuju klinik kesehatan di sana berjarak 20 km,” terangnya.

Milky menuturkan bahwa saat ini, kebutuhan obat-obatan sangat diperlukan, mengingat harga obat di Yordania cukup mahal sekitar 5 juta untuk obat sekali jalan.

“Bahkan, mobil clinic yang sekarang sedang beroperasi perlu ditambah guna meningkatkan pelayanan bagi para pengungsi,” pungkasnya. (pasundannews/admin)

Artikulli paraprakMilangkala ke-46 STAI Tasik, Bekti: Miindung Ka Waktu Mibapa Ka Zaman itu Kesadaran Nilai
Artikulli tjetërKreatif, Warga Ciamis Sulap Tunggul Pohon Jadi Bernilai Ekonimis