(Foto/Dokpri)

PASUNDANNEWS.COM, CIAMIS – Seorang pengrajin bernama Haris (45), warga Dusun Ciomas Rt 2/1 Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dengan kreatifitasnya menyulap limbah tunggul dari berbagai jenis pohon menjadi sebuah karya seni yang bernilai ekonomis hingga jutaan rupiah.

Saat ditemui Pasundannews.com di tempat kerajinannya, Jum’at (21/2/2020), Haris menuturkan, limbah dari berbagai jenis pohon tersebut di ubah menjadi barang istimewa berbentuk meja, kursi, hiasan patung, dan ukiran lainnya yang memiliki nilai ekonomi tinggi bila dijual ke pasaran.

“Limbah tunggul pohon ini saya beli dari tukang/kayu, kemudian saya bikin menjadi macam-macam bentuk ukiran. Ya, seperti meja, kursi, hiasan patung dan lainnya” tuturnya.

Haris mengaku, kerajinan yang digelutinya sekarang ini awalnya hanya hoby dan untuk keperluan koleksi dirumahnya. Namun, disaat ada yang membeli lama-kelaman menjadi keterusan, mengingat hasil yang didapatkannya pun cukup lumayan.

“Tadinya sekedar hoby saja dan koleksi, tapi Alhamdulillah ada yang beli dan keterusan, harganya beraneka ragam, mulai dari 250 ribu sampai 3 juta rupiah” kata Haris.

Lanjut Haris, untuk menyelesaikan satu kerajinan atau ukiran, tergantung seberapa besar ukuran tunggul pohon yang akan dibuatnya.

“Kalau membuat ukiran asbak atau tempat hiasan bunga/buah-buahan, waktu yang dubutuhkan cukup satu hari saja, dan untuk ukiran yang besar butuh waktu  dua sampai tiga munggu” pungkasnya. (Hen)

Artikulli paraprakPusat Zakat Umat Bantu Pengungsi Di Perbatasan Suriah dan Yordania
Artikulli tjetërPolitisasi Pemulangan ISIS, Mahasiswa Bandung Raya Kecam Pernyataan Emil