Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya saat menerima Audiensi dari PT Pindad di Ruang Oproom Setda Ciamis. Foto/Prokopim Setda Kabupaten Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemkab Ciamis menerima audiensi dari PT Pindad di Ruang Oproom Setda Ciamis, Rabu (2/6/2021).

Audiensi tersebut diterima langsung oleh Bupati Ciamis,  Herdiat Sunarya didampingi Asisten Daerah II, Toto Marwoto dan Kepala Dinas terkait.

Dalam audiensi PT Pindad membahas terkait penawaran alat berat industrial untuk menunjang kegiatan di Pemkab Ciamis.

Produk industrial tersebut seperti excavator, beko, wheel loader, forklift, loader, baby loader dan produk alat berat lainnya.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya pun mengungkapkan rasa kebanggannya atas produk tanah air yang merambah teknologi alat berat.

“Bangga sebagai putra daerah anak bangsa bisa produksi sendiri. Kita akan perhatikan dan prioritaskan, karena alat berat di Pemda Ciamis sebagian sudah tua,” katanya.

Menurutnya, kebutuhan alat berat di Ciamis sangat penting. Selain untuk pekerjaan pembangunan juga untuk penanggulangan bencana.

“Daerah kita yang agraris membutuhkan beberapa alat berat untuk kebutuhan tertentu. Seperti perawatan sungai agar tidak terjadi banjir,” tutur Herdiat.

Sebagai bentuk keseriusan, Bupati Herdiat akan memprioritaskan kebutuhan alat berat untuk bahan gambaran pada penyusunan APBD tahun depan.

“Apabila APBD pada tahun depan stabil, kita akan prioritaskan, karena kita betul-betul butuh dan perlu,” ucapnya.

Sementara itu, Manajer PT Pindad, Marinir menjelaskan, selain membuat alutsista perang dan senjata, pihaknya juga produksi alat non pertahanan.

Ia mengungkapkan, produk non-pertahanan berupa alat berat industrial tersebut dalam produksinya baru berjalan 4 tahun.

PT Pindad kata Marinir,dalam setiap tahunnya diberi kesempatan untuk produksi alat selain senjata.

Namun lanjutnya, produksi tersebut masih dalam skala kecil, saat ini baru tiga alat. Sedangkan untuk senjata telah di export ke luar negeri.

“Kita dalam produksi alat berat baru sedikit produksinya. Ditargetkan meningkat menjadi 9 alat dalam produksi setiap harinya, ” ungkapnya.

Pihaknya pun meminta dukungan Pemkab Ciamis untuk mensupport produk Pindad.

“Kami mengundang untuk hadir di tempat workshop Pindad untuk melihat fungsi dari alat berat yang telah dibuat,” pungkasnya.

Artikulli paraprakAkibat Tanggul Jebol, 500 Rumah di Solokan Jeruk Terendam Banjir
Artikulli tjetërWabup Ciamis Hadiri Rapat Paripurna DPRD Bahas Tukar Menukar Tanah Milik Pemkab