Kabid Tata Lingkungan Dinas PRKPLH Kabupaten Ciamis, Mujiono, ST, MSi bersama Ketua Proklim Kelompok Tani Ancin Makmur, Dusun Cinyenang, Desa Sidamulya, Keamatan Cisaga, H. Kusnendi Adriyuda, setelah menerima penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup RI. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kabupaten Ciamis melalui Dinas PRKPLH Ciamis mendapat penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim).

Kabupaten Ciamis mendapatkan penghargaan Proklim tersebut mulai dari tingkat Provinsi hingga Nasional.

Untuk diketahui, Proklim merupakan program yang basisnya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim tataran tapak/lokal dalam satuan Desa/Dusun.

Kemudian pada wilayah Kelurahan/RW dengan bentuk Aplikasi Sistem SRN dan SPEKTRUM.

Proklim di Kabupaten Ciamis sendiri selama tahun 2022 banyak menenerima berbagai penghargaan.

Baik tingkat Provinsi maupun Nasional yang berikan langsung kepada kelompok dan masyarakat umum.

Kepala DPRKPLH Ciamis Dr. H. Taufik Gumelar melalui Kepala Bidang Tata Lingkungan, Mujiono S.T M.Si mengatakan, verifikasi proklim menitik beratkan pada pelaksanaan, aksi dan progres lapangan.

Meliputi antara lain kelembagaan, rencana aksi, pelestarian dan tata kelola lingkungan, ketahanan pangan.

Selanjutnya pemanfaatan lahan marginal, inovasi, kegiatan pertanian terpadu dan pemanfaatan air hujan,

“Selanjutnya pada pengelolaan sampah tingkat lokal dan sebagainya, dalam koridor adaptasi dan mitigasi perubahan iklim,” kata Mujiono dalam keteragan tertulis pada Selasa (3/1/2023).

Mujiono mengungkapkan, Kabupaten Ciamis selalu mendominasi penghargaan Proklim Nasional.

Bahkan pada tahun 2020, Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya medapat penghargaan sebagai Pembina Proklim Terbaik Nasional.

“Pak Bupati mendapat penghargaan sebagai Pembina Proklim Terbaik Tingkat Nasional bersama 15 Kabupaten/kota yang lain,” ungkapnya.

Selain itu, Kabupaten Ciamis juga mendominasi Penghargaan Nasional Proklim utama tahun 2022.

Penghargaan tersebut berupa Thropy maupun sertifikat untuk 5 Kelompok/Dusun.

Adapun Dusun yang mendapat penghargaan tersebut yaitu Dusun Cinyenang, Desa Sidamulya, Kecamatan Cisaga.

Selanjutnya Dusun Cikembang, Cikananga, Selacai Desa Selamanik Kecamatan Cipaku dan Desa Panjalu Kecamatan Panjalu.

Menteri LHK, Dr. Siti Nurbaya, M.Sc menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada penerima pada tanggal 28 Oktober di Manggala Wana Bhakti Jakarta.

Selain itu lanjut Mujiono, Kabupaten Ciamis juga mendapat penghargaan pada peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) Jawa Barat.

Kegiatan tersebut berlangsung di Plaza Gedung Sate Bandung pada tanggal 14 Desember 2022.

Pada kegitan itu, Dusun Cinyenang Desa Sidamulya Kecamatan Cisaga menyabet Penghargaan Raksa Prasada Jabar Proklim Utama.

Gubernur Jawa Barat, Dr. (H.C.) H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. pun meyerahkan langsung penghargaan tersebut.

Selain itu, Dusun Cinyenang juga menyabet juara pembuatan video pendek Proklim terbaik ke 2 Jawa Barat. Penyerahan penghargaan langsung oleh Kepala DLH Jabar Dr. Hj. Prima.

Mujiono pun mengaku bangga dan mengucap terimakasih pada Bupati Ciamis, yang telah mendukung penuh terhadap kegiatan Proklim.

Ia juga mengungkapkan, Bupati Ciamis sebagai Pembina Proklim telah memberikan yang terbaik terhadap kebijakan Proklim Kabupaten Ciamis.

Ia juga mengajak kepada stakeholder terkait dan masyarakat untuk bersama-sama mendukung pembagunan Ciamis salah satunya melalui Proklim.

“Terimakasih juga kami sampaikan pada Pak Kadis PRKPLH yang tiada henti-hentinya memberi support dan dukungan penuh sehingga apa yang kita harapkan dapat tercapai” pungkasnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakKritisi Perppu Cipta Kerja, AHY : Hukum Harus Pro Rakyat
Artikulli tjetërResmi Dilantik, PPK se-Kabupaten Ciamis Siap Sukseskan Pemilu 2024