Koordinator 1 PKH Kabupaten Ciamis, Indra Maulana, S.Ip., MM. Foto/Dok. Hendry. PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Program Keluarga Harapan (PKH) menjadi salah satu program prioritas pemerintah secara nasional dalam upaya pengentasan kemiskinan dan mensejahterakan masyarakat.

Pelaksana Program Keluarga Harapan (PPKH) Kabupaten Ciamis terus melakukan berbagai inovasi kegiatan yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan taraf hidup keluarga penerima manfaat (KPM).

Ada tujuh inovasi kegiatan yang saat ini tengah gencar dilakukan PPKH Ciamis, yakni inovasi kegiatan dibidang Pendidikan, Kesehatan, Literasi, Tentatif, PKH Shop, PKH Online dan Multimedia.

“Inovasi kegiatan ini dibentuk dalam tujuh tim, dengan tujuan tiada lain untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan program dan mengoptimalisasikan peranan SDM PKH Ciamis dalam melakukan pendampingan kepada penerima manfaat,” kata Koordinator 1 PKH Kabupaten Ciamis, Indra Maulana, Sabtu (27/2/2021).

Inovasi kegiatan yang pertama, yaitu bidang Pendidikan. Tim ini berperan untuk membantu memfasilitasi anak-anak KPM dalam mengakses layanan pendidikan sampai ke jenjang perguruan tinggi.

“Dengan mengoptimalkan potensi yang ada pada anak, baik itu dari sisi akademik maupun non akademik. Maka salah satu kegiatan yang sedang dilaksanakan yaitu penelusuran minat bakat dan gerakan kuliah,” paparnya.

Selanjutnya adalah tim Kesehatan. Yaitu untuk mengadvokasi dan memfasilitasi KPM PKH dalam mengakses layanan kesehatan dan menerapkan perilaku hidup sehat.

“Salah satu kegiatan yang sedang dilakukan tim ini yaitu sosialisasi jamban sehat, dengan membangun jamban sehat sederhana di rumah KPM yang dianggap belum mempunyai fasilitas jamban yang sehat. Selain itu juga melakukan aksi sosial donor darah,” kata Indra.

Kemudian bidang Pertanian, Peternakan dan Perikanan. Tim ini hadir untuk mengedukasi dan mendorong KPM dalam memaksimalkan potensi yang ada di sekitar rumah dan lingkungannya.

“Kegiatan yang sedang dilaksanakan yaitu melakukan pembibitan cabai rawit dan jenis sayuran lainnya, pembenihan ikan gurame, budidaya ayam (kampung) petelur. Ini nanti disebarkan ke KPM PKH yang memiliki kemauan dan kemampuan untuk melakukan pemberdayaan ekonomi di keluarganya,” tuturnya.

Selanjutnya kegiatan PKH Online. Tim ini dibentuk untuk memfasilitasi para KPM dalam memanfaatkan media digital untuk melakukan kegiatan bisnis online baik memasarkan produknya sendiri atau menjadi reseller dari yang lain.

“Tim ini juga sedang merancang sebuah kanal untuk menampung produk-produk KPM sehingga nantinya bisa menjadi lebih mudah untuk dipasarkan,” katanya.

Kemudian kegiatan PKH Shop. Tim ini hadir untuk membuat formulasi kegiatan usaha KPM dalam bidang perdagangan (warung).

“Tim ini sudah membangun 3 bothcontainer PKH Shop di tiga Kecamatan,yaitu kecamatan Sukamantri, Sadananya dan Purwadadi. Hadirnya PKH Shop ini juga menjadi salah satu tempat untuk memasarkan produk-produk KPM,” tuturnya.

Selanjutnya yaitu Tim Literasi. Tim ini hadir untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan budaya literasi pada anak-anak KPM PKH. Tim ini dapat membantu dalam melakukan kegiatan belajar walaupun dilakukan secara non formal.

“Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini belum melakukan kegiatan belajar tatap muka di sekolah,” ungkapnya.

Program inovasi kegiatan yang terakhir yaitu melalui tim Multimedia. Tim ini bergerak dalam mensosialisasikan pelaksanaan program, mempublikasikan kegiatan-kegiatan PKH.

“Juga menjadi media promosi audio visual produk-produk KPM melalui pemanfaatan media sosial. Sudah berjalan saat ini yaitu dengan membuat program inspirasi, sapa kata pada chanel youtube dengan nama Pesada Production,” paparnya.

Artikulli paraprakGubernur Sulawesi Selatan Ditangkap KPK Saat Tertidur
Artikulli tjetërSimak Penjelasan Dinkes Ciamis, Mengapa Sudah Vaksin Tetap Bisa Terinfeksi Covid-19