Wakil Walikota Banjar, H. Nana Suryana saat meresmikan program KAMISAMA (Kawasan Minimasi Sampah Mandiri) Rabu (29/11/2023). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Wakil Walikota Banjar, Nana Suryana, meresmikan Kawasan Minimasi Sampah Mandiri (KAMISAMA) di Lingkung Katapang, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Rabu (29/11/2023).

Dalam sambutannya, Nana Suryana mengatakan bahwa dengan adanya Kawasan Minimasi Sampah Mandiri, pengelolaan sampah bisa lebih efektif dan bermanfaat.

Nana menyebutkan, dengan jumlah penduduk di Kota Banjar yang mencapai 207.000 jiwa, tumpukan sampah yang menuju TPA mencapai rata-rata 50 ton per hari.

“Diharapkan dengan adanya Kamisama, dapat mengurangi beban TPA agar tidak over load, dengan menyelesaikan sampah di TPS-TPS,” katanya.

Di tempat yang sama, Komisaris Hejotekno, Eka Santosa melaporkan bahwa produksi 10 ton sampah per satu sift selama 12 jam, yakni berada pada lima kawasan di Jawa Barat, termasuk Banjar, Garut, Karawang, dan Kota Bandung.

Untuk itu, adanya pengelolaan sampah bertujuan supaya menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Ia juga menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam proses pengelolaan sampah ini.

“Keberadaan Kawasan Minimasi Sampah Mandiri merupakan langkah positif dalam mengatasi permasalahan sampah.

Menurutnya, dalam pengelolaan sampah tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga melibatkan peran aktif masyarakat.

“Sehingga diperlukan kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat untuk mencapai keberhasilan dalam pengelolaan sampah,” ujarnya kepada awak media didampingi CEO Hejotekno, Betha Kurniawan.

Pengelolaan Sampah Harus Dilakukan Terintegrasi dan Berkelanjutan 

Eka menambahkan, bahwa pengelolaan sampah harus dilakukan secara terintegrasi dan berkelanjutan.

Ia pun berharap agar program Kamisama di Kota Banjar dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain dalam upaya pengelolaan sampah yang efektif.

“Kota Banjar akan menjadi contoh dalam upaya menciptakan kota yang bersih, sehat, dan berkelanjutan. Semua pihak yang terlibat diharapkan dapat bekerja sama untuk menjadikan visi ini menjadi kenyataan,” pungkasnya.

Tim Hejotekno turut ambil bagian dalam peresmian ini, menunjukkan komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan lingkungan.

Wali Kota Banjar juga ikut serta dalam acara ini, menegaskan dukungannya terhadap inisiatif pengelolaan sampah yang ramah lingkungan.

Turut hadir dalam acara peresmian ini Komisaris Hejotekno, Eka Santosa, CEO Hejotekno, Betha Kurniawan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, Prima Mayaningtias.

Kemudian seluruh kepala OPD lingkup Pemkot Banjar, Tim Hejotekno, Camat Purwaharja, Lurah Karangpanimbal, Walhi Kota Banjar, dan para pejabat Pemkot Banjar serta tamu undangan lainnya. (Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakUnjuk Rasa di Kantor DPRD Pangandaran, Massa Aksi Ungkap Kekecewaan
Artikulli tjetërTerbaik dalam Pelayanan Publik, Kecamatan Purwaharja Kota Banjar Raih Penghargaan PEPPP